STRATEGI MARKETING PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR BAROKAH PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI BMT UGT SIDOGIRICABANG PEMBANTU PAKONG PAMEKASAN

Authors

  • Arif Syagid Moh. Syaiful

Keywords:

Strategi Kendaraan Bermotor Barokah

Abstract

fokus penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah: Pertama, Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan KBB (Kendaraan Bermotor Barokah) persfektif Ekonomi Syariah di BMT UGT Sidogiri Pakong? Kedua, Bagaimana penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan KBB (Kendaraan Bermotor Barokah)? Dan Ketiga, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk pembiayaan KBB (Kendaraan Bermotor Barokah)? Kajian Teoritis strategi merupakan istilah yang sering diidentikkan dengan “taktik†yang secara bahasa dapat diartikan sebagai "concerning the movement of organisms in respons to external stimulus" (suatu yang terkait dengan gerakan organisme dalam menjawab stimulus dari luar). Strategi juga bisa dipahami sebagai segala cara dan daya untuk menghadapi sasaran tertentu dalam kondisi tertentu agar memperoleh hasil yang diharapkan secara Maksimal. Menurut para ahli pemasaran diuraikan sebagai berikut: Philip Kotler dan Gary Amstrong mendefinikan pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. American Marketing Assosiation dalam Manajemen Pemasaran Buchari Alma “marketing is the proses of planning and executing the conception, pricing, promotion and distribution of ideas, goods, services to create exchanges that satisfy individual and organizational goals†(pemasaran adalah proses merencanakan konsepsi, harga, promosi dan distribusi ide, barang atau jasa, menciptakan peluang yang memuaskan individu sesuai dengan tujuan organisasi). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan makan penulis dapat mengambil ke kesimpula sebagai berikut: Pertama, Strategi pemasaran produk pembiayaan KBB dengan persfektif ekonomi syariah kurang efisiaen karena nasaba terbebani dengan bagi hasilnya dan mengambil ke untunga lebih bayaka dan juga moyoritas masyarakatnya pendagang kecildan petani kurang memadai. Kedua, Penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan KBB termasuk bagus karena bmt ugt sidugiri menerpakan 4 p Produk (Products), harga (Price), lokasi/tempat (Plice), dan promosi (Strategi promotion). Ketiga, Faktor faktor yang siring membuat kendala yaitu adalah Ketika anggota mempunyai angsuran tidak dibayar, Permintaan nasabah yang diinginkan bermacam-macam akan suatu produk menjadi kendala tersendiri, Lokasi anggota pembiayaan yang tempat tinggalnya jauh dan jalannya naik turun, Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang sistem Perbankan Syariah, Persaingan yang begitu ketat.

Published

2022-02-03