Analisis Pelayanan Karyawan Pada Produk Tabungan di BMT NU Pakong “(Studi Kasus Layanan Antar Jemput)”

Authors

  • Nasifah Didik Kurniawan

Keywords:

Pelayanan Karyawan, Produk Tabungan Dan BMT NU Pakong

Abstract

BMT (Baitul maal wat-tamwil) NU Pakong,merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang ada di jalan Waru,Kecamatan Pakong,Kabupaten Pamekasan.Yang salah satu pelayananya melakukan antar jemput tabungan, sehingga nasabah yang akan menabung tidak perlu ke BMT NU kecuali nasabah yang baru pertama menabung,mereka harus mendatangi BMT NU langsung dikarenakan banyak persyaratan yang harus di isi.Karena salah satu cara untuk menempatkan sebuah jasa lebih unggul dari para pesaingnya adalah dengan memberikan layanan yang jauh lebih bermutu dibandingkan para pesaingnya. Hal tersebut diperlukan karena layanan merupakan kunci dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. oleh karena itu pelayanan yang baik akan berdampak positif terhadap suatu lembaga,sehingga lembaga tersebut akan lebih berkualitas. Berdasarkan pemaparan singkat diatas penulis berkehendak untuk melakukan penlitian yang berkaitan dengan pelayanan sehingga penulis mengambil judul “Analisis Pelayanan Karyawan Pada Produk Tabungan Di BMT NU Pakong“(Studi Kasus Layanan Antar Jemput)â€. Berdasarkan konteks penelitian diatas,maka fokus penlitian ini adalah sebagai berikut : Perama, Bagaimana strategi pelayanan karyawan padaproduk tabungan di BMTNUPakong? Kedua, Bagaimana dampak strategipelayanan karyawan padaproduk tabungan di BMT NU Pakong? Pendekatan  penelitian ini adalah objek penelitian lapangan (field research)dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena pendekatan penelitian yang diarahkan untuk pencapaian tujuan memperoleh penjelasan secara mendalam atas penerapan sebuah teori.Sehingga dituntut untuk lebih banyak menggunakan berfikir induktif Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis pelayanan karyawan pada produk tabungan di BMT NU cabng Pakong (Studi kasus layanan antar jemput tabungan), penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Perlu adanya peningkatan dan pengembangan Standar Operasional KSPPS BMT NU cabang Pakong agar terciptanya kualitas pelayanan yang lebih baik sehingga nasabah akan terus merasa puas dengan kinerja para karyawan, penyususnan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan sudah berjalan secara maksimal dengan menjalankan aturan SOP yang telah diterapkan oleh BMT NU cabang Pakong. 2. Pelayanan yang diberikan oleh karyawan BMT NU Pakong di dasari pada prinsip 4s (senyum, salam, sapa, santun).dan sangat menekuni perinsip pelayanan yaitu: jujur, giat, dan ikhlas.

Published

2022-04-10