STRATEGI PEMASARAN FUNDING OFFICER TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PRAGAAN

Authors

  • Cici’ Insiyah dan Nur Aini

Keywords:

Strategi Pemasaran, Loyalitas Nasabah.

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting dalam keberhasilan tujuan sebuah organisasi. Funding officer adalah salah satu layanan jasa yang ditawarkan BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan kepada nasabah demi memudahkan nasabah dalam menabung. Ketertarikan nasabah dalam menggunakan jasa dan produk tergantung pada pemahaman nasabah akan fungsi suatu produk. Memberi pemahaman yang baik dapat memberi dampak positif. Ada dua fokus kajian yaitu bagaimana strategi pemasaran yang di terapkan funding officer BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan serta bagaimana  keberhasilan strategi pemasaran funding officer terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan. Metode Penelitian merupakan jenis penelitian lapangan study kasus menggunakan pendekatan kualitatif adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang diterapkan funding officer di BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan menggunakan beberapa tahapan pertama, adanya kerjasama dengan beberapa instansi kedua, memberikan konstribusi berupa sponsorsip ketiga, memberikan kemudahan akses pada nasabah berupa layanan jasa funding officer. Keberhasilan dari strategi pemasaran funding officer di BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan dengan meningkatnya jumlah nasabah dan jumlah dana setiap tahunnya, namun ada faktor lain yang mempengaruhi kesetiaan nasabah tersebut adanya pelayanan yang baik dari pihak bank.

Published

2022-10-25