ANALISIS MULTI LEVEL MARKETING PRODUK HERBAL HNI HPAI DALAM TINJAUAN FIKIH MUAMALAH

Authors

  • Putri Oktavia, Muhammad Fahmul Iltiham, Sukamto dan Muhammad Nizar

Keywords:

Multi Level Marketing, Produk HNI, Fikih Muamalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana MLM (Multi Level Marketing) terhadap produk herbal HNI HPAI dan untuk tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui Multi Level Marketing pada produk herbal HNI HPAI dalam tinjauan fikih muamalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana data penelitian dikumpulkan melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi di Distributor Center Halalmart Cowek Purwodadi dan dengan analisis tinjauan bukuh fikih muamalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multi Level Marketing pada produk herbal HNI HPAI sudah sesuai syariah Islam dan sudah memiliki sertifikat halal dari MUI dan APLI. MLM merupakan sebuah metode pemasaran barang dan jasa dari sistem penjualan barang langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan didalam kelompoknya.Dan Multi Level Marketing pada produk herbal HNI HPAI menurut Fikih muamalah, MLM yang diterapkan di HNI sudah memenuhi syarat dari sisi Syari’ah seperti yang sudah dijelaskan di buku fikih muamalah.

Published

2023-07-08