ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING ZIS BAZNAS KOTA PASURUAN DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MASYARAKAT KOTA PASURUAN

Authors

  • Luluk Latifa, Sukamto, Muhammad Fahmul iltiham dan Aslikhah

Keywords:

Zakat, Infaq, Sadaqah, BAZNAS, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis stratgi Fundraising zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam mengembangkan UMKM masyarakat Kota Pasuruan. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dimana data penelitian dikumpulkan melalui data observasi, wawancara dan dokumentasi di BAZNAS Kota Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan fundraising yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pasuruan dalam pengelolaan zakat untuk meningkatkan penerimaan zakat yang dilakukan dengan cara sosialisasi secara langsung ke muzakki, baik individu maupun kelompok, menggunakan promosi marketing baik langsung maupun tidak langsung, menggnakan media elektronik maupun cetak, dan melalui aplikasi muzakki corner. Analisis strategi fundraising penghimpunan dana ZIS yang komperehensif, BAZNAS dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penghimpunan dana zakat untuk mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah di masyarakat. Diantaranya untuk pemberdayaan ekonomi, pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejaheraan sosial.

Published

2023-07-08