Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Ach. Syaiful

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM)

Abstract

Penerapan etika bisnis dalam bisnis sangat penting karena menciptakan suasana profesional, saling menghormati dan meningkatkan komunikasi terutama di zaman modern ini. Akhlak dan manajemen yang baik tidak hanya bagian dari keberhasilan bisnis, tetapi penerapan etika bisnis dapat memenuhi kualitas persyaratan semua pasar yang diterima dan dihormati di masyarakat. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus menghindari perilaku buruk dalam usahanya, seperti Penyalahgunaan peraturan perundang-undangan. Metode Penelitian ini menggunakan Studi Kepustakaan Studi Kepustakaan ini dengan pengumpulan data yang menggunakan metodologi studi pustaka yakni dengan cara penulis melakukan pencarian dan mengumpulkan berbagai informasi dan keterangan yang dibutuhkan dari berbagai media yang bersifat kepustakaan. Berbagai media tersebut dapat berupa buku, jurnal, proseding, dan artikel atau berita online sebagai pendukung tersusunnya penulisan ini. Sistem etika Islam terdiri dari 5 (lima) aksioma filosofis yaitu Persatuan, Keseimbangan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab, dan Kebajikan.

Published

2024-09-11