Kontekstualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Perspektif Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Telaah Normatif Empiris Program PengajaranSatuanPendidikan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ibnu Ali Pamekasan

Penulis

  • NUR ISKANDAR Universitas Kanjuruhan Malang
  • Jatim Jatim Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Mujtama’ Pamekasan
  • Hendri Masduki Majelis Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ibnu Ali

DOI:

https://doi.org/10.54625/elfurqania.v9i01.6574

Abstrak

Kontekstualisasi nilai-nilai Al-Qur’an adalahperspektif kebijakan penyelenggaraan pendidikan yang diarahkan dalam rangka menumbuhkembangkan pontensi peserta didik agar mempunyai kemampuan mengasosiasi; menginterasi; dan mengkonstruksikan realialitas sosialnya sebagai spektrum instrumental dalam keberlangsungan proses pembelajaran pada satuan pendidikan. Kebijakan ini diyakini sebagai instrumen kunci yang dianggap efektif dan sistemmik dalam menentukan keberhasilan pembentukan kompetensi minimal yang harus dimiliki peserta didik melalui penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada prinsip pembelajaran aktif; inovatif; kreatif; edukatif; dan menyenangkan baik dalam tataran normatif maupun dalam tataran empiris. Prinsip ini secara prosedural dan esensial sebagai model dalam membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik (student welbeing) pada Satuan Pendidikan Pondok Pesantren tahfidzul Qur’an Ibnu Ali Pamekasan. Kata Kunci: Kontekstualisasi, Nilai-nilai Al-Qur’an, Penyelenggaraan Pendidikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

ISKANDAR, N., Jatim, J., & Masduki, H. . (2023). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Perspektif Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Telaah Normatif Empiris Program PengajaranSatuanPendidikan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ibnu Ali Pamekasan. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(01), 73–103. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v9i01.6574

Terbitan

Bagian

Articles