Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Rohmat Rohmat Pengawas pada Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2724

Keywords:

supervisi akademik, kompetensi guru

Abstract

AbstractSupervision focuses on the academic supervisor observation of the academic activity, in the form of learning both inside and outside the classroom. Managerial supervision focuses on observations on aspects of management and administration of the school that serves as a support (supporting) the implementation of learning. Supervisors are mediators educational duties as a supervisor at educational institutions have to perform tasks and functions. The key task of the supervisor are basically three; supervise, assess and develop. And in order to improve the competence of teachers, through the implementation of academic supervision, should adopt the model of empowerment paradigm desire, trust, confident, credibility, accountability and communication. AbstrakSupervisi akademis menitikberatkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademis, berupa pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Supervisi manajerial menitikberatkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Pengawas adalah mediator pendidikan yang menjalankan tugas sebagai supervisor di lembaga pendidikan yang harus menjalankan tugas dan fungsinya. Tugas pokok pengawas pada dasarnya ada tiga; mengawasi, menilai, dan membina. Dan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, melalui implementasi supervisi akademik, hendaknya mengadopsi model pemberdayaan dengan paradigma desire, trust, confident, credibility, accountability dan communication.

References

Daftar Rujukan
Agung, Iskandar, Mengembangkan Profesionalitas Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru, Jakarta: Bee Media, 2014.
Alfonso, R. J., G.R. Firth, dan R.F. Neville, Instructional Supervision: A Behavioral System, Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1981.
Ametembun, N.A., Supervisi Pendidikan: Penuntun Bagi Para Penilik, Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru-Guru, Bandung: Suri, 1981.
Burhanuddin, "Konsep Dasar Supervisi Pendidikan", dalam Burhanuddin et.al, Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2007.
Daresh, J. C., Supervision as a Proactive Process, New York & London: Longman, 1989.
Fathurrohman, Muhammad, Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Teoritik & Praktik), Yogyakarta: Teras, 2012.
Fathurrohman, Muhammad, Sulistyorini, Meretas Pendidik yang Berkualitas dalam Pendidikan Islam: Menggagas Guru atau Pendidik yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2012.
Glickman, Carl D., Stephen P.Gordon, Juvita M.Ross Gordon, Supervision And Instructional Leadership: A Developmental Approach, New York: Pearson, 2004.
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Muchtar, Heri Jauhari, Fikih Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Mufidah, Lukluk Nur, Supervisi Pendidikan, Jember: Center for Society Studies, 2008.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998.
Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004.
Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008
Purwanto, M.Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, CD KBK.
Rokhman, J.Wahibur, Pemberdayaan dan komitmen: Upaya mencapai kesuksesan organsiasi dalam menghadapi persaingan global. Dalam Usmara A (Ed.): Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta: Amara Book, 2003.
Roza, Welya, Pembinaan dan Pengembangan Komponen Kompetensi Pengembangan Profesi Guru SMA Negeri Sumbar Sangat Memprihatinkan,Jakarta: Makalah yang Disajikan dalam Simposium Nasional Pendidikan, Tidak Diterbitkan, 2008.
Sergiovanni, T.J., The Principalship, A Reflective Practice Perspective, Boston: Allyn and Bacon, 1987.
Soetopo, Hendyat, Supervisi Klinis: Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan Bagi Kepala Sekolah Pada SUT (Sekolah Unggulan Terpadu) Kabupaten Lumajang, Lumajang: Bahan Pelatihan Tidak Diterbitkan, 2006.
Soetopo, Hendyat, Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supevisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1984.
Stones, Edgar, Supervision in Teacher Education: A Counselling and Paedagogical Approach, London: Methuen & Co.Ltd, 1984.
Supriyanto, Eko, “Mulai Menokohkan Figur Pengawas dalam Mendinamisasikan Sekolah” dalam Eko Supriyanto dkk, Supervision: Bunga Rampai Supervisi Pendidikan, From Control to Help, Yogyakarta: Fairuz Media, 2012.
Sutarasih, Cicih, Nurdin, "Supervisi Pendidikan" dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Syafi'I, Asyrof, Agus Purwowidodo, Kompetensi Dasar Guru Profesional Dalam Mengembangkan Potensi Akademik, Tulungagung: STAIN Press, 2008.

Downloads

How to Cite

Rohmat, R. (2015). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 7(1), 171–193. https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2724