Quo Vadis Profesionalisme Guru dan Dosen
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2987Abstract
Artikel ini membahas tentang konsep dan orientasi peningkatan profesionalisme guru/dosen yang telah menjadi kebijakan pemerintah melalui UUGD. Peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru harus segera dipikirkan. Selama ini guru dan dosen memang menjadi problem utama lemahnya mutu pendidikan nasional. Program sertifikasi belum mampu menupang secara maksimal terhadap peningkatan komepensi guru. Karenanya, harus segera merubah wajah dan mencari formulasi baru tentang bentuk pelaksanaan diklat, hingga memberikan kebebasan akademik atau otonomi guru/dosen yang seluas-seluasnya tanpa dihadapkan pada situasi birokratis di lingkungan sekolah atau dinas terkait. Selain itu, pengembangan profesionalisme guru membutuhkan kebijakan pemerintah yang benar-benar menyentuh terhadap persoalan keguruan dan dosen. Kata kunci: Quo Vadis, Profesionalisme, Guru, DosenDownloads
Published
2017-09-13
How to Cite
Khatib, A., & Halim, A. (2017). Quo Vadis Profesionalisme Guru dan Dosen. Tafhim Al-’Ilmi, 9(1), 75–91. https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2987
Issue
Section
Articles