Quo Vadis Profesionalisme Guru dan Dosen

Authors

  • Ach. Khatib Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep
  • Abdul Halim Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2987

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep dan orientasi peningkatan profesionalisme guru/dosen yang telah menjadi kebijakan pemerintah melalui UUGD. Peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru harus segera dipikirkan. Selama ini guru dan dosen memang menjadi problem utama lemahnya mutu pendidikan nasional. Program sertifikasi belum mampu menupang secara maksimal terhadap peningkatan komepensi guru. Karenanya, harus segera merubah wajah dan mencari formulasi baru tentang bentuk pelaksanaan diklat, hingga memberikan kebebasan akademik atau otonomi guru/dosen yang seluas-seluasnya tanpa dihadapkan pada situasi birokratis di lingkungan sekolah atau dinas terkait. Selain itu, pengembangan profesionalisme guru membutuhkan kebijakan pemerintah yang benar-benar menyentuh terhadap persoalan keguruan dan dosen.   Kata kunci: Quo Vadis, Profesionalisme, Guru, Dosen  

Author Biography

Abdul Halim, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk

Published

2017-09-13

How to Cite

Khatib, A., & Halim, A. (2017). Quo Vadis Profesionalisme Guru dan Dosen. Tafhim Al-’Ilmi, 9(1), 75–91. https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2987