Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Kristiana Wardaniati SMP Negeri 3 Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.7078

Abstract

  Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAdengan cara mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan ini berupaPenelitian Tindakan Kelas mempergunakan dua putaran dan dimulai kegiatan pendahuluan. Masing-masing putaran berlangsung kegiatan perancangan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dipraktekkan pada 29 peserta didik Delapan E SMP Negeri 3 Pamekasan, ketuntasan hasil belajar peserta didik berpedoman kepada Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran IPA kelas Delapan sebesar 68. Hasil penelitian pada kegiatan prasiklus jumlah peserta didik yang memperoleh kategori tuntas adalah 10 peserta didik atau 34,48 persen, sedangkan peserta didik yang tidak memperoleh ketuntasan 19 peserta didik65,52 persen, dengan rata-rata hasil belajar 58,28. Pada putaran ke satu terjadi pernambahan hasil belajar, jumlah yang memperoleh ketuntasan 18 peserta didik atau 62,07 persen serta peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 11 peserta didik 37,93 persen, fase ini memiliki rata rata hasil belajar 68,28. Hasil putaran ke dua terjadi pernambahan yang signifikan dibandingkan dengan putaran sebelumnya, yaitu peserta didik yang sudah memperoleh ketuntasan sejumlah 27 peserta didik  atau 93,10 persen serta terdapat 2 peserta didik atau 6,90 persen yang belum memperoleh ketuntasan, fase ini memiliki rata-rata hasil belajar 81,03. Penelitian ini membuktikan bahwa pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi bisa meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Makanan dan Sistem Pencernaan peserta didik Delapan E SMP Negeri 3 PamekasanKata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi; hasil belajar; mata pelajaran IPA

Downloads

Published

2024-09-14 — Updated on 2024-09-14

Versions

How to Cite

Wardaniati, K. . (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 54–68. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.7078