This is an outdated version published on 2024-09-14. Read the most recent version.
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.7078Abstract
 Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAdengan cara mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan ini berupaPenelitian Tindakan Kelas mempergunakan dua putaran dan dimulai kegiatan pendahuluan. Masing-masing putaran berlangsung kegiatan perancangan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dipraktekkan pada 29 peserta didik VIII E SMP Negeri 3 Pamekasan, ketuntasan hasil belajar peserta didik berpedoman kepada Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran IPA kelas Delapan sebesar 68. Hasil penelitian pada kegiatan pendahuluan (prasiklus) jumlah peserta didik yang memperoleh kategori tuntas adalah 10 peserta didik(34,48 %), sedangkan peserta didik yang tidak memperoleh ketuntasan 19 peserta didik(65,52%), dengan rata-rata hasil belajar 58,28. Pada putaran I terjadi pernambahan hasil belajar, jumlah yang memperoleh ketuntasan 18 peserta didik (62,07%) serta peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 11 peserta didik (37,93%), fase ini memiliki ratarata hasil belajar 68,28. Hasil putaran II terjadi pernambahan yang signifikan dibandingkan dengan putaran sebelumnya, yaitu peserta didik yang sudah memperoleh ketuntasan sejumlah 27 peserta didik (93,10%) serta terdapat 2 peserta didik (6,90%) yang belum memperoleh ketuntasan, fase ini memiliki rata-rata hasil belajar 81,03. Penelitian ini membuktikan bahwa pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi bisa meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Makanan dan Sistem Pencernaan peserta didik VIII E SMP Negeri 3 PamekasanKata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi; hasil belajar; mata pelajaran IPADownloads
Published
2024-09-14 — Updated on 2024-09-14
Versions
How to Cite
Wardaniati, K. . (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 54–68. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.7078
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.