TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Imam Suprayogo Dan Azyumardi Azra)

Penulis

  • Baydah Ansoro Pascasarjana IAIN Madura
  • Mohammad Ali Murtada Pascasarjana IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/ju.v8i1.5873

Abstrak

Hukum atau sebuah ketetapan akan selalu berjalan dinamis oleh pergerakan waktu dan perubahan tempat. Karena era globalisasi dengan dinginnya menuntut adanya perubahan dalam segala lini dan aspek. Hal ini merupakan klausalitas reality dari perkembangan ilmu pengetahuan yang terus melaju ditambah teknologi yang semakin cepat menuju kecanggihan yang tanpa batas. Pendidikan Islam sebagai bagian dari gilasan perubahan yang terjadi dituntut untuk selalu berfikir dinamis, tidak stagnasi , jumud untuk mengikuti perubahan yang selalu pasti akan terjadi, namun tentunya tetap harus konsisten bersandar pada dalil qot’iy (al-qur’an dan al- Hadits) sebagai sumber utama dan tidak menutup kemungkinan juga tetap harus proaktif dan tanggap dalam pencaturan di era ini. Dalam hal ini, seakan menjemput bola liar yang terus bergulir Imam Suprayogo dan Azyumardi Azra dengan wawasan luasnya menelurkan gagasan - gagasan berilian dan diharapakan mampu mewarnai dan membawa perubahan signifikan khususnya dalam pendidikan Islam baik secara teoritis dan paraktik aplikatifnya. Tujuan dari penulisan ini dalam rangka mendeskripsikan pandangan Imam Suprayogo dan Azyumardi Azra dan mengidentifikasi serta menganalisis cara berpikir keduanya dalam kaitanya dengan pendidikan Islam

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-15

Cara Mengutip

Ansoro, B. ., & Murtada, M. A. . (2022). TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Imam Suprayogo Dan Azyumardi Azra). Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman, 8(1), 46–60. https://doi.org/10.36420/ju.v8i1.5873

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.