TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Imam Suprayogo Dan Azyumardi Azra)
DOI:
https://doi.org/10.36420/ju.v8i1.5873Abstrak
Hukum atau sebuah ketetapan akan selalu berjalan dinamis oleh pergerakan waktu dan perubahan tempat. Karena era globalisasi dengan dinginnya menuntut adanya perubahan dalam segala lini dan aspek. Hal ini merupakan klausalitas reality dari perkembangan ilmu pengetahuan yang terus melaju ditambah teknologi yang semakin cepat menuju kecanggihan yang tanpa batas. Pendidikan Islam sebagai bagian dari gilasan perubahan yang terjadi dituntut untuk selalu berfikir dinamis, tidak stagnasi , jumud untuk mengikuti perubahan yang selalu pasti akan terjadi, namun tentunya tetap harus konsisten bersandar pada dalil qot’iy (al-qur’an dan al- Hadits) sebagai sumber utama dan tidak menutup kemungkinan juga tetap harus proaktif dan tanggap dalam pencaturan di era ini. Dalam hal ini, seakan menjemput bola liar yang terus bergulir Imam Suprayogo dan Azyumardi Azra dengan wawasan luasnya menelurkan gagasan - gagasan berilian dan diharapakan mampu mewarnai dan membawa perubahan signifikan khususnya dalam pendidikan Islam baik secara teoritis dan paraktik aplikatifnya. Tujuan dari penulisan ini dalam rangka mendeskripsikan pandangan Imam Suprayogo dan Azyumardi Azra dan mengidentifikasi serta menganalisis cara berpikir keduanya dalam kaitanya dengan pendidikan Islam##submission.downloads##
Diterbitkan
2022-06-15
Cara Mengutip
Ansoro, B. ., & Murtada, M. A. . (2022). TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Imam Suprayogo Dan Azyumardi Azra). Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman, 8(1), 46–60. https://doi.org/10.36420/ju.v8i1.5873
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Baydah Ansoro, Mohammad Ali Murtada

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terbuka untuk umun dan bisa digunakan untuk kepentingan ilmiah lainnyaÂ




