Pendidikan Kesadaran Lingkungan melalui Pembelajaran Surat Al-A’raf:56

  • Khoirun Iin STIT Islamiyah Karya Pembangunan paron Ngawi
  • Didik Agus Dewantoro STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Azizah Khoirun Nissa STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Septi Fitriani STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Susi Fitriana STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Environmental Awaraness, TPA, QS Al Araf

Abstract

Abstract: Nurul Ulum TPA Santri are less aware of the environment, and have a low understanding of recitation and memorization of the Qur'an. The students need a program to understand the Al-Qur'an that is more comprehensive which includes memorization, tajwid and the meaning of environmentally conscious values in the verses of the Al-Qur'an. This service uses the Participated action research method. The action taken aims to increase the understanding of recitation, memorization and meaning of Surah Al-A'raf: 56. The action was carried out by providing material on tajwid knowledge and meaning in Surah Al-A'raf: 56. Then practicing tajwid in the process of memorizing letters and practicing the value of environmental awareness in the activities of students at the TPA. As a result, the students are able to memorize QS; Al-A'raf: 56 with recitation and know its meaning. In addition, the behavior that appears is to protect the environment by disposing of garbage in its place. The evaluation illustrates the lack of participation of the santri guardians in making environmentally conscious changes at the TPA. Furthermore, efforts are needed to increase the active participation of santri guardians and synergy between education at the TPA and at home to maintain environmentally conscious behavior as a habit for the santri in their lives.

Keywords: Al-A'raf: 56, Environmental awareness, Santri, TPA

 

Abstract: Santri TPA Nurul Ulum kurang berkesadaran lingkungan, serta memiliki pemahaman tajwid dan tingat hafalan Qur’an yang rendah. Para santri membutuhkan program memahami Al-Qur’an yang lebih menyeluruh yang mencakup hafalan, tajwid dan pemaknaan nilai berkesadaran lingkungan dalam ayat Al-Qur’an. Pengabdian ini menggunakan metode Participated action research . Aksi yang dilakukan bertujuan meningkatkan pemahaman tajwid, hafalan dan pemaknaan  surat Al-A’raf:56.  Aksi dilaksanakan dnegan memberikan materi pengetahuan tajwid dan makna dalam surat Al-A’raf:56. Kemudian mempraktikkan tajwid dalam proses hafalan surat dan mempraktikkan nilai kesadaran lingkungan pada aktivitas santri di TPA. Hasilnya, para santri mampu menghafalkan QS;Al-A’raf:56 dengan tajwid dan mengetahui maknanya. Selain itu perilaku yang nampak adalah lebih menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Evaluasi menggambarkan kurangnya keikutsertaan wali santri dalam melakukan perubahan berkesadaran lingkungan di TPA. Selanjutnya diperlukan usaha untuk meningkatkan partisipasi aktif wali santri dan sinergi antara pendidikan di TPA dan dirumah untuk menjaga perilaku berkesadaran lingkungan menjadi kebiasaan para santri dalam kehidupannya.

Keywords:  Al-A’raf:56, Kesadaran lingkungan, Santri, TPA

 

References

Ariyadi, Ariyadi. “Al-Qur’an Views Relating to Environmental Conservation.†Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian dan Kehutanan 5, no. 1 (June 1, 2018): 1–9. https://doi.org/10.33084/daun.v5i1.319.

Bambang Syaeful Hadi. “Harmonisasi Peran Pelaku Pendidikan Sebagai Uaya Untuk Mengoptimalkan Fungsi Pendidikan.†Cakrawala Pendidikan 26, no. 1 (2007): 141–64.

Budiyanto, Mangun. Panduan Praktis Pengelolaan TKA-TPA, TKA-TPAL, Dan TPA. Yogyakarta: Balai LITBANG LPTQ Nasional Yayasan Team Tadarusâ€AMMâ€., 2008.

“(PDF) Gerakan Budaya Cinta Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah ‘BARA API’ (Bersih, Asri, Rapi, Aman, Patuh, Dan Indah) Di Sekolah SMP Negeri 2 Pakem.†ResearchGate, December 20, 2022. https://doi.org/10.20961/shes.v4i2.49962.

Pusat Krisis Kesehatan Kementrian RI. “Dampak Kerusakan Alam Bagi Kehidupan,†February 24, 2021. https://pusatkrisis.kemkes.go.id/dampak-kerusakan-alam-bagi-kehidupan.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.†Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (January 15, 2020): 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.

Yunus, Eka Mulyo, Andika Andika, Ahmad Yani, Muria Khusnun Nisa, and Hasyim Muhammad. “Revitalisasi Tafsir Ekologi Pada Kandungan Surat Al-A’raf [7] Ayat 56-58 Dalam Rencana Penanaman Pohon Trembesi Di Lingkungan UIN Walisongo Semarang.†Jurnal Riset Agama 1, no. 3 (December 15, 2021): 112–31. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15112.

Published
2023-02-25
How to Cite
Khoirun Iin, Didik Agus Dewantoro, Azizah Khoirun Nissa, Septi Fitriani, & Susi Fitriana. (2023). Pendidikan Kesadaran Lingkungan melalui Pembelajaran Surat Al-A’raf:56. Jurnal Abdikarya Pembangunan, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.53627/jap.v1i2.5167