Peningkatan Kepedulian Lingkungan Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Balong Melalui Edukasi Pengelolaan Sampah
Abstract
Abstract: This research aims to provide education about waste management to increase environmental awareness for grade 5 students at MI Islamiyah Balong. This research was conducted using the PAR method. The research sample consisted of 34 grade 5 students selected randomly. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The research results show that sound waste management education can increase students' environmental awareness. There was a significant improvement in student behaviour after receiving education about waste management: (1) increased students knowledge about the importance of managing waste, (2) students can create a minimalist waste bank independently at school, and (3) students can preserve and utilize the land around the school as a family medicinal plant garden (Taman Toga)
Keywords: Environmental Concern, Education, Waste Management
Abstract: Penelitian ini bertujuan memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah untuk meningkatkan kepedulian lingkungan terhadap siswa kelas 5 MI Islamiyah Balong. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PAR. Sampel penelitian terdiri dari 34 siswa kelas 5 yang dipilih secara acak. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi pengelolaan sampah yang baik dapat meningkatkan kepedulian lingkungan siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam perilaku siswa setelah mendapat edukasi tentang pengelolaan sampah; (1) bertambahnya pengetahuan siswa tentang pentingnya mengelola sampah, (2) siswa dapat membuat bank sampah minimalis secara mandiri di sekolah, serta (3) siswa dapat melestarikan dan memanfaatkan lahan di sekitar sekolah sebagai taman tanaman obat keluarga (Taman Toga)
Keywords: Kepedulian Lingkungan, Edukasi, Pengelolaan Sampah
References
Herdiansyah, Herdis, Hadid Sukmana, dan Ratih Lestarini. “Eco-Pesantren as A Basic Forming of Environmental Moral and Theology.†KALAM 12, no. 2 (1 Januari 2019): 303–26. https://doi.org/10.24042/klm.v12i2.2834.
Istiana, Rita, Nani Inri Islamiah, dan Susi Sutjihati. “Partisipasi Siswa Terhadap Pelestarian Lingkungan Ditinjau dari Persepsi Tentang Sekolah Berbudaya Lingkungan,†2018.
Nurhayati, Ela. “Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus di SMP Negeri 16 Surabaya,†t.t.
Purnaningtyas, Afiani, dan Endang Fauziati. “Penerapan Teori Sosial Albert Bandura pada Pembiasaan Pengelolaan Sampah Siswa Sekolah Dasar.†EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 2 (28 Februari 2022): 2418–25. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2275.
Sitti Hasnidar, Sitti Hasnidar. “Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah.†JURNAL SERAMBI ILMU 20, no. 1 (31 Maret 2019): 97. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdikarya Pembangunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.