Pendampingan Proses Pembelajaran Ilmu Nahwu Melalui Metode Al-Miftah lil Ulum Di Desa Purwoasri

  • Nur Jannah Universitas Al-Falah As-Sunniyah
  • Muhammad Anis Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember
  • Imam Hadhori Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember
  • Ali Ridho Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember
  • Naning Puji Astutik Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember
Keywords: Al-Miftah lil Ulum Method, Mentoring, Nahwu Science

Abstract

Abstract: Parents in Purwoasri village have a tendency to choose Islamic boarding schools as a continuation of their children's schools because they are considered capable of producing a generation with a religious character. At Islamic boarding schools, students will study various branches of knowledge through the Yellow Book, the process of understanding which requires learning the science of Nahwu. This research-based community service uses the Empowerment-Based Research Approach which aims to increase children's understanding of nahwu science at the Bustanul Ulum mosque, Sambileren Hamlet, Purwoasri Village, Gumukmas District through the application of the Al-Miftah lil Ulum method. The success of accompanying activities in the learning process of nahwu science through the Al-Miftah lil Ulum method includes increasing students' understanding of the basic concepts of nahwu science, increasing the ability to apply Arabic grammar rules in forming sentences, as well as increasing skills in analyzing and parsing Arabic sentence structures. The use of this method provides an interactive and interesting learning atmosphere for students, thereby motivating them to learn. The follow-up that can be taken is by expanding the use of the Al-Miftah lil Ulum method in learning nahwu science at various levels of education and integrating it into the formal curriculum. Furthermore, further service activities can be carried out in the form of training for teachers so that they can implement the Al-Miftah lil Ulum method effectively in learning.

 

Keywords: Al-Miftah lil Ulum Method , Mentoring, Nahwu Scienceg,

 

Abstrak: Para Orang tua di desa Purwoasri memiliki kecenderungan memilih pesantren sebagai kelanjutan sekolah putra-putrinya karena dianggap mampu mencetak generasi yang berkarakter agamis. Di Pesantren, para santri akan mempelajari berbagai cabang ilmu melalui kitab kuning yang proses pemahamannya memerlukan pembelajaran ilmu nahwu. Pengabdian kepada masyarakat berbasis riset ini menggunakan Pendekatan Empowerment-Based Research (Pemberdayaan Berbasis Riset)  yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ilmu nahwu anak-anak di masjid Bustanul Ulum Dusun Sambileren Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas melalui penerapan metode Al-Miftah lil Ulum. Keberhasilan kegiatan pendampingan proses pembelajaran ilmu nahwu melalui metode Al-Miftah lil Ulum meliputi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar ilmu nahwu, peningkatan kemampuan menerapkan aturan-aturan tata bahasa Arab dalam pembentukan kalimat, serta peningkatan keterampilan dalam menganalisis dan mengurai struktur kalimat Arab. Penggunaan metode ini memberikan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga memotivasi mereka untuk belajar. Tindak lanjut yang dapat dilakukan yaitu dengan memperluas penggunaan metode Al-Miftah lil Ulum dalam pembelajaran ilmu nahwu di berbagai tingkatan pendidikan dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum formal. Selanjtnya dapat dilakukan kegiatan pengabdian lanjutan berupa pelatihan untuk guru-guru agar dapat mengimplementasikan metode Al-Miftah lil Ulum secara efektif dalam pembelajaran.

 

Keywords: Nahwu, Metode Al-Miftah lil Ulum, Pendampingan.

 

References

Lubis, Ahmad Hafidz. “Pendampingan Penanggulangan Ulat Contong Pada Sengon Sebagai Solusi Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Pakel Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang.” Jurnal Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 32–63.
Mualif, A. “Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu Dalam Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Al-Hikmah 1, no. 1 (2019): 26–36.
Murdiono, Moh. Fery Fauzi, and Muhamad Amin. “Pendampingan Tahsin Musykilatul Qira’at Imam Hafs Dalam Membaca Al-Qur’an Untuk Masyarakat Malang Raya.” MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 10, no. 1 (2021): 31–40.
Tim Penyusun. Tamassya Beragama, Berbangsa, Dan Bernegara. Pasuruan: Sidogiri Penerbit, 1438 H.
Rahma, Rezka Ariana, Ach Rosyad, and Zulkarnain. Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia, 2021.
Rahmi, Iswantir M, and Hariyadi. ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam. Yogyakarta: Budi Utama, 2012.
Rohmadi. “Aplikasi Metode Tahsin Untuk Belajar Al-Qur’an Dalam Pendampingan Kelompok Perempuan Di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.” MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 9, no. 1 (2020): 59–70.
Suryaningrat, Erwin, and Bobbi Aidi Rahman. “Bimbingan Bahasa Arab Tingkat Dasar Pada Masyarakat Di Kelurahan Dermayu Kabupaten Seluma Bengkulu.” MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 9, no. 1 (2020): 23–36.
Published
2024-09-15
How to Cite
Nur Jannah, Muhammad Anis, Imam Hadhori, Ali Ridho, & Naning Puji Astutik. (2024). Pendampingan Proses Pembelajaran Ilmu Nahwu Melalui Metode Al-Miftah lil Ulum Di Desa Purwoasri. Jurnal Abdikarya Pembangunan, 2(2), 21-32. https://doi.org/10.53627/jap.v2i2.5668