PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAMYIZ SISWA KELAS VI MIN 1 TULUNGAGUNG
PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAMYIZ SISWA KELAS VI MIN 1 TULUNGAGUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Qowaid atau tata Bahasa Arab siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung. Kemampuan Qowaid yang rendah dipengaruhi oleh proses pembelajaran konvensional tanpa menggunakan metode yang yang tepat untuk menunjang pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin meningkatkan kemampuan Qowaid siswa kelas VI dengan menggunakan metode Tamyiz. Metode ini digunakan untuk mempermudah siswa kelas VI membedakan jenis-jenis isim, fi’il maupun huruf dengan menggunakan lagu-lagu metode Tamyiz.
Penilitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui prosedur penerapan metode Tamyiz untuk pembelajaran Qowaid siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung, (2) untuk mengetahui kelebihan dari penerapan Metode Tamyiz untuk pembelajaran Qowaid siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung, (3) untuk mengetahui kekurangan dari penerapan Metode Tamyiz untuk pembelajaran Qowaid siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Bahasa Arab, siswa kelas VI MIN 1 Tulungagung.
Berdasarkan temuan data, hasil penelitian ini: (1) prosedur pembelajaran qowaid kelas VI di MIN 1 Tulungagung dengan menggunakan metode Tamyiz yaitu: a. Salam, b. Bernyanyi, c. Materi, d. Penerapan dalam kalimat, e. Pemberian soal, f. Pembahasan bersama, g. Penutup.(2) Kelebihan dari penerapan metode Tamyiz yaitu: a. Metode Tamyiz cocok untuk semua jenjang pendidikan, b. metode Tamyiz telah diringkas, sehingga memudahkan siswa untuk mempelajari Bahasa Arab, c. Metode Tamyiz menggunakan sistem nemonik sehingga memudahkan murid untuk menghafalkan materi, (3) adapun kekurangan dari dari penerapan metode Tamyiz yaitu: a. kebanyakan siswa tidak mengetahui maksud dari lagu yang dinyanyikansebelum diterangkan oleh guru, b. cara menyanyikan materinya dengan cepat sehingga ada beberapa siswa yang merasa kesulitan untuk mengikutinya, c. ketika siswa lupa dengan materi yang dia temui, siswa harus melafalkan dahulu lagunya untuk bisa mengingat materinya.

