Implementasi Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Penanaman Karakter Peserta Didik
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan peserta didik yang direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara afektif, efektif dan inovatif. Pada dasarnya, tujuan pembelajaran merupakan tujuan dari setiap program pendidikan yang akan diberikan kepada peserta didik. Pemeritah melalui program pendidikan karakter nasional mencanangkan tujuan pendidikan nasional yang utama adalah pembentukan insan mulia yang tertuang dalam UU Sisdiknas 2003 yang menyebutkan tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengefektifkan dan menyukseskan pendidikan karakter di sekolah. Dengan kata lain, CTL dapat dikembangkan menjadi salah satu model pembelajaran berkarakter yang dapat diimplementasikan dalam rangka menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik.