Analisis Kohesi dan Koherensi Rubrik Boleh Tahu pada Majalah Bobo Online serta Relevansinya terhadap Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD/MI
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: menganalisis kohesi dan koherensi rubrik Boleh Tahu pada Majalah Bobo online serta relevansinya terhadap bahan pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD/MI. Penelitian ini diperlukan karena siswa SD/MI dalam perkembangan bahasanya membutuhkan bahan bacaan yang relevan terhadap usianya. Salah satu cara untuk mengetahui relevansinya dengan menggunakan analisis kohesi dan koherensi. Sumber data pada penelitian ini adalah teks dalam rubrik Boleh Tahu, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data ditemukan piranti kohesi referensi berupa pronomina persona dan demonstratif, penggantian, dan konjungsi sebab akibat. Sedangkan piranti kohesi leksikal berupa repetisi dan kolokasi. Wacana dalam rubrik Boleh Tahu ini koheren karena memuat piranti kohesi gramatikal, leksikal, dan koherensi yang merujuk pada kesatuan makna tulisan. Wacana dalam rubrik Boleh tahu ini juga dapat digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2006. Jadi, dapat disimpulkan bahwa wacana dalam rubrik ini relevan sebagai bahan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa SD/MI.
Kata kunci: kohesi, koherensi, rubrik majalah, relevansi, bahan pembelajaran