Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa

  • Nina Sultonurohmah STAI Diponegoro Tulungagung

Abstrak

Tujuan penelitian ini, Pertama, mendeskripsikan perilaku jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu. Kedua, Mendeskripsikan strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan wali murid. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan dalam strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. (1) Adapun strategi penanaman nilai karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar: pembiasaan rutin, keteladanan atau contoh, pengkondisian lingkungan, dan melalui manajemen pengelolaan kelas yang meliputi membuat peraturan yang disepakti antar guru dan siswa dan pemberian “pin†guru dan siswa yang disiplin. (2) Adapun strategi penanaman nilai karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu Bandung: pembiasaan rutin, keteladanan atau contoh, pengkondisian lingkungan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwasannya: perilaku jujur dan disiplin siswa merupakan kegiatan sehari-hari di sekolah dan di rumah. Melalui strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu Bandung, kegiatan tersebut menjadi kebiasaan rutin siswa, dan dengan didukung lingkungan sekolah yang mendukung, maka perilaku jujur dan disiplin dapat terwujud.

Kata Kunci: Strategi, penanaman nilai karakter, jujur dan disiplin

Diterbitkan
2017-12-31