KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS KINERJA

  • Adhis Ubaidillah Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung

Abstrak

ABSTRAK

Organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan bersama. Agar bisa efektif diperlukan manajemen yang baik dan benar. Tujuan yang efektif mempunyai beberapa karakteristik Konsisten (Consistance), Tepat (precise), Menantang (Challenging), Dapat diukur (Measurable), Tujuan dapat dihubungkan dengan ukuran kinerja secara kuantitatif dan kualitatif, Dapat dicapai (Achievable), Disetujui(Agreed), Dihubungkan dengan Waktu (Time Related), Berorientasi pada kerja sama Tim (Teamwork Oriented). Selain itu waktu juga akan berpengaruh terhadap komunikasi.  Setiap langkah dalam manajemen dan pengoperasian suatu organisasi sangat bergantung pada komunikasi. Komunikasi dalam organisasi memungkinkan anggota-anggota untuk saling bertukar pengetahuan tentang tujuan organisasi, mengenal lingkungannya, dan saluran yang menghubungkan masukan dengan keluaran suatu organisasi. Metode penelitiannya kualitatif,yang bisa menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Yang dimaksud kata-kata tertulis dalam penelitian ini berupa dokumen, seperti arsip, buku-buku atau hukum yang berhubungan dengan masalah penelitian, kemudian dianalisa dengan mengorganisasikan data, memilih mana yang penting dan membuat kesimpulan.Komunikasi yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, yaitu persepsi, ketepatan kredibilitas, pengendalian dan keharmonisan/keserasian.  Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dalam komunikasi.

 

DAFTAR RUJUKAN

 

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

 Deddy Mulyana, Komunikasi Efektif (Suatu Pendekatan Lintas Budaya), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008,

 Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Jakarta: Erlangga, 2011

 Harjani Hefni, Komunikasi Islam, Jakarta: Prenadamedia, 2015.

 Kathleen A. Beegle, Komunikasi Tatap Muka, Terj. Ati Cahayani, Jakarta: Permata Puri Media, 2010.

 Richard L Daft, Era Baru Manajemen,  Terj. Tita Maria Kanita, Jakarta: Salemba 2010.

 Stewart L. Tubbs, Sylvia Moss, Human Communication, terj. Deddy Mulyana, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

 Hani Handoko, Manajemen, Yogyakarta: UGM, 2015

 Tommy Suprapto, Pengantar Teori Komunikasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2006.

 Wibowo, Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Diterbitkan
2019-12-31