PENINGKATAN BELAJAR IPS MELALUI METODE MAKE A MATCH

  • muhammad arif afandi STAI Diponegoro

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, menggunakan data pengamatan secara langsung dari jalannya proses pembelajaran. Dari data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisa melalui tahapan dalam siklus-siklus tindakan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitan ini adalah menggunakan model siklus Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Botoran di Jalan KHR. Abdul Fatah No. 12, Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Prosedur pengumpulan data dengan studi dokumentasi, teknik observasi, teknik tes dan catatan lapangan.  Penelitian ini didasari adanya kesenjangan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang terjadi sekarang ini belum sesuai dengan harapan kurikulum KTSP yang menuntut siswa untuk terlibat aktif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPS.

 

 

Kata Kunci     : “Belajar IPS dan Make a Match.â€

 

DAFTAR RUJUKAN

 

 

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

BSNP. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, 2006.

Departemen Agama RI.  Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Lembaga Percetakan Al-Qur’an, Jakarta, 2009.

Education, Bungs. 2012.  Model Pembelajaran Make a Match, (Online), http://wbungs.blogspot.com/2018/07/model-pembelajaran-make-and-match.html (10 Juni 2019). 2018.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Bandung, 2003.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar, Yogyakarta, 2013.

Sapriya. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, PT Remaja

            Rosdakarya, Bandung, 2009.

Shoimin, Aris. 68 Model Inovatif dalam Kurikulum 2013, AR-Ruzz Media, Yogyakarta, 2014.

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Nelajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009.

Syah, Muhibbin. Psikologi dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1995.

Diterbitkan
2019-12-31