PERANAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID -19

  • Adhis Ubaidillah STAI Diponegoro Tulungagung

Abstrak

ABSTRAK

Masa pandemi Covid-19 pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka di sekolah, melainkan pembelajaran dilakukan secara daring. Hal tersebut, mengharuskan lingkungan keluarga berperan aktif dalam mendidik dan mendampingi proses belajar anak karena segala kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah. keluarga dalam hal ini adalah orang tua, mempunyai dua tugas sekaligus yaitu sebagai orang tua dan guru. Realita di lapangan menunjukkan bahwa perkembangan prestasi belajar siswa sangat bervariasi, hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengirimkan tugas secara daring. Siswa yang mendapat perhatian dan pendampingan dari keluarga, selalu tepat waktu dalam mengirimkan tugas dan prestasi belajarnya semakin meningkat. Sedangkan siswa yang kurang mendapatkan perhatian dan pendampingan dari keluarga, prestasi belajarnya cenderung menurun. Seharusnya keluarga memberikan perhatian dan pendampingan belajar yang lebih kepada siswa, karena pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran membutuhkan pendampingan dari orang tua.  Peran keluarga dalam pembelajaran diantaranya adalah: (1) Memberikan semangat terhadap anak akan pentingnya suatu pendidikan. (2) Sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak. (3) Menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga. (4) Memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka. (5) Sebagai tempat bertanya dan mengadu terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak. (6) Memberikan arahan yang jelas untuk masa depan anak-anaknya.

 

Kata kunci : Keluarga, Pembelajaran, pandemi covid-19

Diterbitkan
2021-06-30