PERANAN GURU SEBAGAI MODEL DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI

  • Muhammad Arif Afandi STAI Diponegoro Tulungagung

Abstrak

ABSTRAK

Berawal dari masalah yang ada sekarang ini, yaitu merosotnya kualitas penghayatan agama oleh umat Islam di Indonesia yang cukup memprihatinkan, memunculkan berbagai pertanyaan dari para ahli pendidikan, Ulama’ maupun cendekiawan muslim tentang kualitas dan eksistensi umat Islam sekarang ini, khususnya di bidang pendidikan agama. Padahal apabila dilihat secara kuantitas jumlah umat Islam di Indonesia cukup potensial untuk mengatasi masalah tersebut. Indikator dari masalah tersebut salah satunya adalah rendahnya kemampuan para generasi muda Islam akan kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam. Untuk itulah seorang guru dituntut untuk mampu membentuk kepribadian islami para siswa, khususnya mereka yang sekolah di lembaga pendidikan Islam. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru sebagai model dalam membentuk kepribadian Islami di MI Darul Ulum Sambiroyong Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif, karena penelitian kualitatif mempunyai ciri antara lain: latar alami dan peneliti sebagai instrumen kunci. Dalam pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, dokumentasi serta wawancara. Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa Peran guru sebagai model dalam membentuk kepribadian islami, seorang guru siap membantu, memberikan contoh yang baik agar siswa meniru perilaku yang baik pula dalam kehidupan sehari – hari dan guru mendampingi siswa menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi, khususnya kaitanya dengan berbagai macam persoalan kejiwaan remaja yang memang sangat dinamik. sehingga anak mengarah pada perilaku akhlakul karimah.

Kata Kunci: Peranan, Model, Kepribadian Islami

Diterbitkan
2021-12-31