MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN MELALUI METODE ADZ-DZIKRU

  • IKA IKA STAI DIPONEGORO TULUNGAGUNG

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pembelajaran Al-Qur’an yang tidak lain adalah supaya anak mampu membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pembelajarannya pun harus mengikuti kaidah-kaidah yang dibenarkan dalam belajar Al-Qur’an. Untuk melangsungkan pembelajaran dengan kaidah-kaidah yang dibenarkan tersebut memerlukan suatu metode yang efektif dalam implementasinya, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Az-Dzikru.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru di SMPN 1 Gondang Tulungagung, (2) memaparkan implementasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru di SMPN 1 Gondang Tulungagung, (3) memaparkan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru di SMPN 1 Gondang Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN 1 Gondang Tulungagung, sumber data penelitian tediri dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, teknik pengumpulan data dengan obervasi partisipan, interview mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan simpulan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, dan pembahasan teman sejawat.

Berdasarkan temuan data, hasil penelitian ini: (1) perencanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru terdiri atas: a) perencanaan program meliputi: perencanaan yang berorientasi pada visi dan misi, berorientasi pada keefektifan belajar membaca Al-Qur’an, berorientasi pada pembentukan karakter anak untuk cinta terhadap Al-Qur’an; b) perencanaan pembelajaran meliputi: penyusunan materi pembelajaran sesuai materi pokok di buku Az-Dzikru, perencanaan alokasi waktu, perencanaan pengajaran harian, perencanaan evaluasi dengan ukuran standar bacaan anak baik dan benar; (2) pelaksaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru terdiri atas: melakukan placement test, penyampaian materi yang telah diprogramkan dengan metode yang sesuai kondisi kelas, teknik pembelajaran dengan menggunakan teknik klasikal dan baca simak; (3) evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Az-Dzikru terdiri atas: pengadaan placement test (evaluasi awal untuk penempatan siswa), evaluasi harian dan evaluasi kenaikan.

 

Kata Kunci:  metode Az-Dzikru, pembelajaran Al-Qur’an.

Diterbitkan
2023-06-07