MODERASI BERAGAMA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM TERPADU AL-ASROR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Jurnal Pendidikan Islam

  • Sistupani Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembentukan karakter siswa di SMP Islam Terpadu Al-Asror. Moderasi beragama dipandang sebagai upaya menanamkan nilai keseimbangan dalam beragama, toleransi, serta penghormatan terhadap perbedaan di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan moderasi beragama di SMP IT Al-Asror diterapkan melalui kegiatan pembelajaran berbasis nilai Islam rahmatan lil ‘alamin, pembiasaan toleransi, dan kegiatan ekstrakurikuler berbasis kebersamaan lintas kelompok. Nilai-nilai moderasi beragama seperti adil, seimbang, toleran, dan musyawarah menjadi landasan dalam pembentukan karakter siswa yang religius, santun, dan berwawasan kebangsaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa moderasi beragama berperan penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia dan mampu hidup harmonis dalam keberagaman.

            Kata kunci: moderasi beragama, pembentukan karakter, siswa, pendidikan Islam

Diterbitkan
2025-10-15