Mencapai Kepuasan Nasabah Melalui Kualitas Layanan Bank Syariah
Abstrak
Perkembangan dunia usaha di era globalisasi ini, menimbulkan persaingan yang sangat tajam antar bank untuk berkompetisi menarik nasabah dengan memberikan produk yang beraneka ragam dan layanan yang terbaik bagi nasabah. Hal utama yang harus diperhatikan agar nasabah bertahan dan tidak berpindah kepada pesaing adalah bank harus membuat nasabah puas dengan produk dan layanan yang diberikan. Oleh karena itu, kegiatan utama bank untuk mewujudkannya adalah menciptakan satisfaction. Bank berusaha mendesain kualitas layanan yang dimiliki sebaik mungkin untuk menciptakan dan meningkatkan rasa puas bagi para nasabahnya. Untuk mencapai kepuasan nasabah tersebut diperlukan variabel-variabel yang dijadikan sebagai sarana untuk pencapaiannya. Menurut teori, kualitas layanan setidaknya mencakup lima variable, yaitu: reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana pengaruh dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty secara parsial dan bersama-sama terhadap kepuasan nasabah Bank Syari’ah.
Referensi
Arief Muhtosim, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, (Malang: Bayumedia Publishing) 2007
Bilson Simamura, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabilitas, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama), 2001
Husein Umar, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama), 2002
http://kliping.kemenag.go.id/downloads/bf29e9abc09671abc536f7580a503377.pdf
http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU_21_08_Syariah.pdf
http://www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/syariah/Documents/SPS%20Juni%202015.pdf
Kasmir, Manajemen Perbankan. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada) 2003
Kasmir, Pemasaran Bank (Jakarta: Prenada Media) 2004
Kasmir, Etika Customer Service, (Jakarta, PT.Raja Grafindo) 2005
Jabnoun, N & Khalifa, A, “A Customised measure of Service Quality in the UAEâ€, (Managing Service Quality) 2005
Othman and Owen, “Adopting and measuring custumer service quality (SQ) in Islamic Bank : A Case Study in Kuwait Finance House.â€(2001).
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Prenhallindo) 1997
Philip Kotler, A.B. Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, (Jakarta: Salemba Empat), 1999
Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 2001
Rambat Lupiyadi dan A.Hamdana, Manajemen Pemasaran Jasa,( Jakarta : Salemba Empat) 2009
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Studi Islam by At-Tahdzib is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/tahdzib/index