Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak
Abstrak
keberhasilan dalam mendidik anak didik diperlukan berbagai tehnik mendidik maupun prektek yang berlangsung terus menerus, karena mutu pendidikan berfungsi untuk membentuk watak anak didik agar menjadi manusia berakhlaq dab berbudi luhur yang didasarkan pada iman dalam kepribadian yang baik. Lembaga pendidikan agama adalah salah satu sarana untuk mencapai pendidikan yang diharapkan itu, dengan pendidikan agama diharapkan dapat mewarnai kepribadian anak, apalagi pengaruh lingkungan yang kuat di era globalisasi ini sangat mengkhawatirkan orang tua. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu maka orang tua memasukkan anaknya ke sekolah Madrasah Tsanawiyah. Meskipun ada sebagian yang ditinggal kedua orang tuanya ke Malaysia, tetapi orang tua berharap semoga anaknya menjadi anak yang berilmu yang dapat mengangkat derajatnya.
Referensi
Desy Anwar, Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya, tahun 2003.
H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, tahun 1993.
Jenny R. E. Kaligus, Dasar-dasar Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Surabaya, tahun 1991.
Marzuki, Metodologi Riset, VII, Yogyakarta, tahun 1989.
Mujamma’ Khadim Al-Kaharamain Asy-Syarif Al-Malik, Al-Qur’am dan Terjemahannya, Madinah, tahun 1971.
Nasution. M, Diktaktik Asas-asas Mengajar, P.N. Jermmars Bandung, tahun 1986.
Sutrisno Hadi. Metodologi Research, II, Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta, tahun 1978.
Wainarno Surakhmad, Pengantar Penelitian dan Dasar-dasar Metode Teknik, Tarsito, Bandung, tahun 1990.
T. Raka Joni, Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Karya Anda, Surabaya, tahun 1986.
Wasty, Soemanto, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, bandung, Cet. III, tahun 1990
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Studi Islam by At-Tahdzib is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/tahdzib/index