Marketing Mix Berbasis Price Discount dan Bonus Packs Untuk Bisnis Online

  • Alisia Muamanah Universitas Nurul Jadid
  • Achmad Fawaid Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Kata Kunci: Price Discount, Bonus Pack, Bisnis Online

Abstrak

Di era perkembangan IPTEK yang global kesemua lini kehidupan, semua aspek kehidupan mulai tersentuh oleh akses internet termasuk di dalam dunia bisnis. Pemasaran produk dan jasa yang di perjualbelikan secara online yang dikenal dengan e-commerce atau e-bussines juga digunakan oleh Olshop Nala Hijab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap price discount dan bonus pack terhadap daya tarik pembelian dan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen Nala Hijab. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan promosi online dan persepsi harga price discount dan bonus pack saling berpengaruh signifikan terhadap nilai kepuasan dan kepercayaan pelanggan pada toko Nala Hijab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Nala Hijab sudah tepat, karena mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui nilai kepuasan dan kepercayaan yang dirasakan. Ketepatan toko online Nala Hijab dalam mengambil tindakan stimulasi pemasaran terhadap produk, harga, dan bauran promosi merupakan suatu keberhasilan dalam mengambil tindakan untuk mempertahankan keberhasilan usaha dan daya saing.

Referensi

Adi, Rifqi Nugroho. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre-order Secara Online (Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey). (Semarang: Universitas Dipenogoro, 2013).
Adityo, Benito. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Kaskus, (Semarang: Universitas Dipenogoro, 2011).
Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi keenam. (Bandung: Alfabet).
Dwi Jayanti, Ratna. 2015. Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal Publikasi. (Jombang: STIE PGRI Dewantara), Vol 10 No 1.
Irawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Publikasi. (Politeknik Negeri Sriwijaya). Edisi ke-6.
Jamaludin, Ahmad., dkk. 2015. Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di kota Malang), Jurnal Publikasi, (Malang: Universitas Brawijaya), Vol 21. No 1.
Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-commerce, Jurnal Publikasi, (Palembang: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya), Vol 2. No 1.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Jakarta: Erlangga).

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. (Jakarta: Erlangga).
Lestari, Sri Isfanti P. 2018. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Di Carrefour Surakarta. Jurnal Publikasi. (Surakarta: STIE Wijaya Mulya), Vol. 7, No. 2.
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. (Jakarta: Gramedia Pusaka Utama).
MD. Rahandini. 2012. Pemberdayaan UMKM Melalui Pusat Komunikasi Bisnis Berbasis WEB (E-Commerce), Jurnal Publikasi, (Surakarta: Universitas Slamet Riyadi), Vol 12 No. 1.
Mustofa, Imam, Fiqh Muamalah Kontemporer, (Jakarta: Rajawali Press, 2016).
Palma, Marisa Arindita dan Anik Lestari Andjarwati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Publikasi, (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya), Vol 16. No 1.
Sari, Della Rusmilah dan Ikhwan Faizal. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-store Display Terhadap Keputusan Impluse Buying Pada Giant Ekstra Banjar, Jurnal Publikasi, (Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat), Vol. 2, No. 1.
Sidharta, Iwan dan Boy Suzanto. 2015. Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. (Bandung: STMIK Madira Indonesia, STIE Passundan), Vol. 9, No. 1.
Swastha, Basu. 2002. Manejemen Pemasaran Modern. (Yogyakarta: Liberty).
Syazkia, Sindy Nur dan Ai Lili Yuliati. 2018. Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen PT. Lion Super Indo Gerai Antapani, Jurnal Publikasi, (Universitas Telkom), Vol 5, No. 2
Diterbitkan
2019-05-03
Bagian
Articles