Relevansi Madrasah Diniyah Takmiliyah terhadap Pengembangan Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah) di Madrasah Diniyah Takmiliyah At-Tahdzib Jombang

  • Ahmad Insya' Ansori Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib Jombang
  • Bustanul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib Jombang
  • Purwantoro Purwantoro STAI At Tahdzib Jombang Jawa Timur

Abstrak

Penelitian tentang Relevansi Madrasah Diniyah Takmiliyah terhadap Pengembangan Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah) di Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib ini sangatlah penting. Karena penelitian ini meliputi aspek material yang terkandung dalam muatan kurikulum MDT dan kurikulum Prodi HES di STAI At-Tahdzib. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian menghasilkan kesimpulan sebagaimana berikut : 1) Peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu Pendidikan  khususnya dalam kemampuan pengembangan keagamaan dan Bahasa sangat banyak salah satunya dalam penanaman nilai -nilai Islam lebih dini pada peserta didik. 2) Kerjasama Madrasah Diniyah At-tahdzib dengan Prodi di lingkungan STAIA ini yang akan menjadi nilai plus bagi Prodi dalam peningkatan mutu pendidikan terutama dalam bidang keagamaan. 3) hasil mutu pendidikan sebagaiamana berikut,  Ranah Kognitif ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Dan  segala upaya yang menyangkut aktifitas otak hal ini bisa dibuktikan dengan hasil ujian persemester dan hasil ujian nasional  Ranah Afektif mencakup segala sesuatu yang terkait dengan emosi, misalnya perasaan, nilai, penghargaan, semangat,minat, motivasi, dan sikap. Peneliti mengidentifikasi ranah efektif ini dengan motivasi dan semangat mahasiswa dalam pelaksanaan sholat jamaah dan  menjaga kebersihan. Psikomotorik meliputi gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan  motorik dan kemampuan fisik seperti keaktifan mahasiswa baik dalam kelas maupun luar kelas dalam mengikuti segala kegiatan di kampus dan pesantren.

Referensi

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan Metode Paradigma Baru, Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam (Tradisi dan modernisasi Menuju Milenium Baru), Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
Capra, Frithof. Titik Balik Peradaban terj. M. Toyyibi. Yogyakarta: Bentang, 1999.
Faisal, Sanapiah, Format-Format Penelitian Sosial Dasar-Dasar dan Aplikasi Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1995
Foss, John and, Theories of Human Communication, h. 109. Katherine Miller, Communication Theories.
Indarti, Erlyn, Critical Theory, Critical Legal Theory, and Critical Legal Studies, Majalah Ilmiah Fakultas Hukum Undip, Volume XXXII No.2 April-Juni 2003.
Kementerian Agama RI, Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2014.
Kurikulum dan Penilaian MDT At-tahdzib.
Kurikulum, RPS dan Penilaian Prodi HES STAI At-Tahdzib.
Moloeng,Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 1995.
Mujid, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
Nasir, Moh. Ridlwan. Mencari Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Newman, W. Lawrence, Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches, Needham Heights USA: Allyn & Bacon, 4th edition, 2000.
Nuryadin, A., Implementasi peraturan daerah Kab Pandeglang no 27 tahun 2007 tentang wajib belajar Madrasah Diniyah Awaliyah di Kecamatan Cisata, (Tesis PPS UIN Suka, 2012)
Pedoman Kelompok Kerja Madrasah Diniyah Takmiliyah Kemenag RI
Pedoman Manajemen dan Administrasi PMDT Kemenag RI 2013
Pedoman Penguatan Prodi Kopertais IV.
Pedoman Penyelenggaraan Prodi Kemenag RI.
Pedoman Penyusunan Kurikulum Prodi Asosiasi Prodi.
Pedoman Penyusunan Kurikulum SN-Dikti 2016 .
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah .
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah .
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.
Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI Press. 1986.
Soemitro, Ronny Hanitijo, Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta: Yudhistira. 1990.
Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Tekhnik. Bandung: Tarsito, 1994.
Tholkhah, Imam & Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai akar tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo ersada, 2004.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Diterbitkan
2019-09-10
Bagian
Articles