Model Silabus Nosional Bagi Pengajaran Bahasa Arab

  • Farihatul Husniyah
Kata Kunci: Silabus Nosional, Pengajaran, Bahasa Arab

Abstrak

Silabus yang dianggap sebagai salah satu komponen utama dalam proses pembelajaran ini berisi daftar kegiatan yang harus dilakukan pada akhir program dan mencapai tujuan belajar bahasa. Ada berbagai jenis silabus, salah satunya adalah silabusNosional. Digabungkan dengan pendekatan pengajaran yang komunikatif, membuat jelas manfaatnya dalam belajar berbahasa dan menggunakan bahasa. Silabus nosionalini lebih cocok digunakan untuk belajar bahasa dengan tujuan spesifik. Meski demikian, para guru kreatif dapat membawa silabus nosional ke kelas mereka, dengan beberapa pertimbangan, dan membuat proses pembelajaran lebih menarik. Artikel ini menjelaskan penerapan silabus nosional dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab.

Referensi

Anonim. 2012.Syllabus and Material Design.Birmingham : Makalah tidak diterbitkan.

Al-Naqoh, Mahmud Kamil. 1985.Ta’lim al-Lugha al-Arabiyah li al-Nathiqin bi Lughat Ukhra.Makkah: Jami’ah Umu al-Qura.

Bahruddin, Uril. 2017. Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab.Sidoarjo: Lisan Arabi.

Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.Jakarta: Pearson Education.

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang: Misykat.

Krahnke, Karl. 1987.Approaches to Syllabus Design for Language Teaching.New Jersey: Prentice Hall.

Laine, Elaine F. 1985. The Notional-Functional Approach: Teaching the Real Language in Its Natural Context. Tesis MA, Virginia: George Mason University.

Muradi, Ahmad. 2014. Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Arabiyat.Vol. I, No. 1, Juni 2014.

Mustofa, Bisri dan M. Abdul Hamid. 2016. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.Malang: UIN-Maliki Press.

Nurhayati. 2009. Pengembangan Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 8(16).Vol. 1, 2009.

Nurtanio Agus P. 2006. Mengelola Kelas Untuk Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 01 Th II April 2006

Raine, Paul. 2010.A Discussion The Notional-Functional Syllabus(Makalah: tidak diterbitkan.

Richards, Jack C., and T. S. Roger. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching. (New York: Cambridge University Press.

Salahuddin. 2013. Pembelajaran Bahasa Arab. Diakses tanggal 25 Desember 2017 pada https://slaoenee.wordpress.com

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa.Bandung: Penerbit Angkasa.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta’lim al-Arabiyah lighayr al-Nathiqina Biha. Mesir: Isisco.

White, Ronald V.. 1988.The ELT Curriculum: Design, Innovation, and Management.Oxford: Basil Blackwell.

Wilkins, D.A.. 1979. National Syllabuses.Oxford: Oxford University Press.
Diterbitkan
2017-12-30
Bagian
Articles