Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0

  • Hesty Maulida Eka Putry Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Venia Nuzulul 'Adila Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rofiatus Sholeha Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Danial Hilmi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Video, Learning, Media, Era 4.0

Abstrak

Tulisan ini merupakan kajian literatur terkait video based learning sebagai tren media pembelajaran pada era 4.0. Isu-isu yang akan dibahas pada tulisan ini diantaranya; revolusi industri, revolusi pendidikan, tren media pada era 4.0, hingga video based learning. Metode pengumpulan data dengan mengumpulkan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan literasiyang terkait dengan isu-isu tersebut.karena media merupakan salah satu sistem yang berperan penting dalam perkembangan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan yang inovatif dan efektif. Pembahasan ini menekankan pada media video sebagai sarana pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengilustrasikan materi secara rasional pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang sulit bagi siswa, dengan adanya media video yang tren di era 4.0 ini akan membantu siswa dalam proses pembelajarannya, pembelajaran bahasa Arab menggunakan media video membuat siswa untuk mudah memahami konten pelajaran dengan bentuk ilustrasi yang jelas tanpa membuat siswa untuk mengilustrasikan secara abstrak, maka dengan adanya media video sebagai sarana pembelajaran bahasa Arab akan memudahkan siswa untuk memahami konten materi yang diberikan oleh guru.

Referensi

Arifin, Rita Wahyuni. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. Bina Insani ICT Journal, Vol 4 (1) 2017

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzan, Muhammad Aziz, and Dwi Rahdiyanta. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Msein. Vol 2 (2) 2017

Hendriyani, Yeka, Vera Irma Delianti, and Lativa Mursyida. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan. Vol. 11 (2) 2018

Joenaidy, Abdul Muis. (2019). Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2012). Media Pembelajaran Manual Dan Digital . Ghalia Indonesia.

Martikasari, Kurnia. (2019). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional FKIP .

Melinda, Vannisa Aviana, Nyoman Sudana Degeng, and Dedi Kuswandi. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. Vol 3 (2) 2018

Nusantara, Toto. (2018). Desain Pembelajaran 4.0. Makalah dipresentasikan dan dipublished pada Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Olla, Kevin. (2019). Era Revolusi Industri 4.0 : Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui. Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia. Diakses tanggal 20 Mei 2020 pada https://www.jagoanhosting.com

Pardede, Parlindungan. (2020). Menjadi Guru “Zaman Now” dan Cara Pembelajaran Siswa Memasuki Era Industri 4.0. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional FKIP.

Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal Time. Vol 2 (2). 2013

Siregar, Eka Ramadhani. (2018). Multimedia Pembelajaran Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Diakses tanggal 16 Mei 2020 pada http://catatankimmunika.blogspot.com

Vural, Omer Faruk. (2013). The Impact of a Question-Embedded Video-Based Learning Tool on E-Learning. Educational Sciences Journal: Theory and Practice, Vol. 13(2) 2013.

Warohidah, Annisa’ Rofifah, and Anggun Badu Kusuma. (2019). Perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Pembelajaran Matematika. Vol. 5 (1) 2019

Yousef, Ahmed Mohamed Fahmy, Mohamed Amine Chatti, and Ulrik Schroeder. (2014). The State of Video-Based Learning: A Review and Future Perspectives. Int. J. Adv. Life Sci. Vol. 6 (3) 2014.

Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014).Video-Based Learning: A Critical Analysis of the Research Published in 2003-2013 and Future Visions.

Yuniani, Armelia, Dwi Irma Ardianti, and Wal Asri Rahmadani.(2019). Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. Vol 2 (1) 2019
Diterbitkan
2020-06-28