Efektivitas Pemanfaatan Media Online dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  • Hasan Basri Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lely Fathiyatus Sa’diyah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Siti Nur Khasanah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Danial Hilmi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Application; Learning; PBA; State Islamic Univerity of Maulana Malik Ibrahim., Aplikasi Media sosial, Pembelajaran Online, Pendidikan Bahasa Arab.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa pascasarjana jurusan PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam pembelajaran serta bagaimana keefektifannya dalam menunjang proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji validitas data, digunakan triangulasi sumber, data dan diskusi dengan teman sejawat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui Whatsapp kepada 10 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa dalam menunjang pembelajaran secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, E-learning dan Whastapp Group. Perkuliahan dengan media-media tersebut sering terjadi kendala terhadap signal atau jaringan internet, terutama bagi mahasiswa yang tinggal di daerah yang susah signal dan tidak menggunakan wifi dan yang nantinya akan berdampak pula kepada kualitas pembelajaran yang mahasiswa terima. Meski demikian, media aplikasi ini masih dinilai efektif oleh mayoritas mahasiswa, karena memiliki keunggulan dalam kepraktisan, menghemat biaya dan waktu, serta memudahkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa.

Referensi

Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran.” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7) 5 (2020): 395–402.

Creswell, John W. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: ustaka Pelajar, 2010.

Fikriyyah, Asiefatul. “Pemanfaatan Aplikasi ‘Comic Page Creator’ sebagai Strategi untuk Menggali Keterampilan Menulis dalam Bahasa Arab.” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab 3, no. 3 (2017): 282–88.

Iswanto, Rahmat. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 1, no. 2 (2017): 139–52.

Kurniawan, Asep. “MANAJEMEN KERJASAMA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pondok Pesantren Alam Internasional Saung Balong al-Barokah Cisambeng Palasah Majalengka).” Holistik 15, no. 1 (2016).

Kurniawan, Dayat. Membangun Aplikasi Elektronika dengan Raspberry Pi 2 dan Whatsapp. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.

Leuwol, Natasya, dan Sherly Gaspersz. “Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa Di Tengah Pandemik Covid-19.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya 4, no. 1 Extra (2020): 32–44.

Nurhalimah, Sitti. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Deepublish, 2019.

Rozak, Abd, dan Azkia Muharom Albantani. “Desain perkuliahan bahasa arab melalui google classroom.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 1 (2018): 83–102.

Setiawan, Adib Rifqi, dan Arij Zulfi Mufassaroh. “Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).” Thesiscommons.org., 2020.

Simanihuruk, Lidia, Janner Simarmata, Acai Sudirman, M. Said Hasibuan, Meilani Safitri, Oris Krianto Sulaiman, Rahmi Ramadhani, dan Syafrida Hafni Sahir. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.
Diterbitkan
2020-12-30