Improvisasi Manajemen Pembelajaran Untuk Efektivitas Pencapaian Tujuan Pembelajaran

  • Ahmad Faiz Mahbubi 085784780264
  • Nuril Mufidah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: manajemen pembelajaran, manajemen program, pendidikan bahasa Arab

Abstrak

Pada masa pandemi ini, Banyak dosen melakukan improvisasi dalam pengelolaan pembelajaran karena pengajaran tidak lagi berjalan dengan sistem yang baku melainkan berjalan dengan lebih fleksibel berdasar pada kondisi yang ada dilapangan. Termasuk pada pembelajaran matakuliah manajemen program kelas E MPBA UIN Malang, yang menjadi tujuan untuk dideskripsikan pada penelitian ini. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik spiral analisis dimana penulis menafsirkan kembali data yang ditemukan secara berulang-ulang dan menyesuaikan hasilnya dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) tahap perencanaan pembelajaran pada mata kuliah ini dinyatakan efektif karena tidak memberatkan mahasiswa serta membantu mereka menyelesaikan artikel penelitian dengan lebih cepat, 2) tahap pengorganisasian atau pengelolaan kelas, dinyatakan efektif karena dapat memelihara kondisi belajar yang optimal secara daring, 3) tahap pelaksanaan dinyatakan kurang efektif karena penggunaan grup whatsapp menurunkan semangat mahasiswa dalam mengerjakan artikel, dan 4) tahap evaluasi, dinyatakan efektif karena memenuhi prinsip-prinsip dalam teori evaluasi hasil belajar yang terdiri dari prinsip keseluruhan, prinsip kesinambungan, dan prinsip objektivitas.

Referensi

Ambarita, Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Andriyaningsih, Titik. (2017). “Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016.†Tesis, IAIN Surakarta.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Antara Lima Pendekatan. Translated by Ahmad Lintang Lazuardi. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Rury Sandra. (2012). “Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Muntilan.†Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta,

Hamalik, Oemar. (1995). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Mohammad Soleh. (2014). Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik. (2005). “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.†Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mufidah, Nuril. (2021). “RPP Mata Kuliah Manajemen Program MPBA.†UIN Malang.

Mulyasa, Enco. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudirman. (2014). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, Buang. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, Siti. (2018). “Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Kupang Teba Teluk Betung Utara Bandar Lampung.†UIN Raden Intan Lampung.

Terry, George R., and Leslie W. Rue. (1991). Dasar-Dasar Manajemen. Translated by GA Ticoalu. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, M. Chabib. (1996). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahida, Besse. (2017). “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Di IAIN Pontianak).†Jurnal Al-Astar STAI Mempawah 7, no. 1.

Diterbitkan
2022-06-30