Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar BSNP

  • Ahmad Fahmi Asrory UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Athira Fakhriatuz Zamani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Slamet Daroini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: pembelajaran bahasa Arab, buku ajar bahasa Arab, BSNP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengaanalisis buku ajar bahasa Arab yang sesuai dengan KMA No. 183 Tahun 2019 berdasarkan standar BSNP dari segi kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kelayakan kegrafikan pada buku kelas X. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi pustaka dengan sumber data primer dari buku bahasa Arab kelas X terbitan Kemenag tahun 2020. Dalam penelitian ini metode dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data dan digabungkan dengan analisis deskriptif sebagai metode analisis. Sehingga, teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah analisis content (content analysis). Hasil dari penelitian ini, aspek kelayakan isi materi kurang sesuai pada aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD dan kemutakhiran materi. Dalam aspek kelayakan penyajian kurang sesuai dalam pendukung penyajian dan strategi penyajian pembelajaran. Dan dalam aspek kelayakan bahasa keakuratan struktur bahasa masih terlalu tinggi. Namun,aspek-aspek lain sudah sangat sesuai dan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BSNP.

Referensi

Al-Ghali, Abdullah, and Abdul Hamid Abdullah. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab, Terj. Sudi Yahya Husein, Sahrani, Syamiah. Padang: Akademia Permata, 2012.

Anisah. “Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.†Logika 18, no. 5 (2017).

Asyrofi, Syamsudin, and Toni Pransiska. Penulisan Buku Teks Bahasa Arab Konsep, Prinsip, Problematika, Dan Proyeksi. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.

Azhari, Afifa Wijdan. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas Vi Madrasah Ibtidaiah Terbitan Karya Toha Putra.†ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 1, no. 2 (2018): 125–36. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.24360.

Hidayat, Mohammad Fadli. “Studi Komparasi Kualitas Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Bermuatan Kurikulum 2013 Terbitan Kemenag Dan Toha Putra.†UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Ilyas, Moh. Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas X. Edited by Ahmad Mubaligh. 1st ed. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2020.

Octavia. “Pengembangan Buku Teks Kelas V Sekolah Dasar Berbasis Tematik Dengan Model Multiple Games.†Review Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2016).

Rahmawati, Gustini. “Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung.†Edulib 5, no. 1 (2015).

S., Nasution. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Syaifuji, Achmad, Ita Nur Istiqomah, and Muhammad Alfan. “Analisis Morfosintaksis Buku Ajar Digital Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Kementerian Agama Tahun 2020.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6, no. 6 (2021): 901. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14881.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor, 2008.

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles