استخدام طريقة القواعد والترجمة في تعلم النحو القائم على اليوتيوب

  • Devi Rafika Sari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Athira Fakhriatuz Zamani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Danial Hilmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Hubby Nurul Muqoddimah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Metode Qawaid wa Tarjamah, Pembelajaran Nahwu, Youtube

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode qawaid wa tarjamah dalam pembelajaran Nahwu berbasis youtube, manfaat, dan kendala yang dialami dalam penggunaan metode qawaid wa tarjamah dalam pembelajaran Nahwu berbasis youtube di Mts Al-Mujahidin Samarinda dan bagaimana solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Instrumen penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan; bahwa langkah-langkah pembelajaran yang menggunakan metode qawaid wa terjemah (Thariqah Qawa’id wa  Al-Tarjamah), dan materi di sajikan melalui link youtube, manfaat yang dirasakan dengan penggunaan youtube ini antaranya membantu dan melatih kreativitas guru dalam menyampaikan materi dan siswa lebih nyaman untuk memahami materi dan bisa di ulang saat ada penyampaian yang kurang dipahami, siswa juga senang karena materi yang disajikan lebih menarik, dan tidak ada kendala serius yang dirasakan dalam penggunaan youtube ini, namun dalam proses edit video tersebut masih terbatas, Solusi yang ditawarkan adalah, bisa mencoba aplikasi-aplikasi lain untuk lebih mengeksplor dalam proses pengeditan video, misalnya toontastic, filmorago, powtoon, wondershare filmora, dan sebagainya. Begitu juga tidak ada kendala serius yang dirasakan murid karena sudah diberikan solusi oleh guru.

Referensi

A. Rani, Samsuar. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasâ€i, Dalam Jurnal At-Ta’dib.†Jurnal At-Ta’dib IX (2017): 164.

Ahmad Hidayatullah. Pelajaran Nahwu Shorof Praktis | Pembagian Fi’il | MTs Kelas 8, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=XathNKkMey4.

Ahmadi, and Aulia Mustika Ilmiami. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. Yogyakarta: Ruas Media, 2020.

Aliyah, Siti. “Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab Di MTs PPMI Assalam Surakarta Kelas VIII.†UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Darmawati, dan Ambo Dalle. Hypermedia: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital. Pare=Pare: CV. Kaffah Learning Center, 2019.

Hidayatullah, Ahmad. Penggunaan Metode Qawaid wa Tarjamah Dalam Pembelajaran Nahwu Berbasis Youtube (Studi Kasus Mts Al-Mujahidin Samarinda). WhatsApp, Mei 2022.

Hilir, Alwi. Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Klaten: Laeisha, 2021.

Ilmiami, Aulia Mustika, Ahmad Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Rahmah Yulia. “Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Dalam JurnalAl-Ta’rib.†JurnalAl-Ta’rib 8 (2020): 18.

Kirom, Abdul, dkk. Manajemen Kurikulum Bahasa Arab: Teori, Praktik, Dan Implementasi Dalam Dunia Pendidikan. Malang: Kota Tua, 2020.

Nadhifa, Zalfa. Penggunaan Metode Qawaid wa Tarjamah Dalam Pembelajaran Nahwu Berbasis Youtube (Studi Kasus Mts Al-Mujahidin Samarinda). WhatsApp, Mei 2022.

Nurcholis, Ahmad, dkk. ‘Implementation of Hard and Soft Technology Ini Learning Arabic During the Covud-19 Pandemic (Study at MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri’), Dalam Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020),.†In Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science, 529:12, 2020.

Sam, Zulfiah. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Dalam Jurnal Bidang Kajian Islam,†2016, 1.

Samsu. Metode Penelitian: Teori Dan Aolikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Jambi: Pusaka Jambi, 2017.

Solah, M. Fajrun. “Strategi Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kemamapuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MA Sirojul Anam Luwang Tayu Pati.†STAIN, 2017.

Team, Guru Pertama. “Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran Info Pendidikan Terupdate Guru Pertama.†Guru Pertama. Accessed June 23, 2022. https://www.gurupertama.com/2022/02/jenis-jenis-multimedia-pembelajaran.html.

Ulfah Nurzakiyah, Neng. “Metode Pembelajaran Nahwu Dengan Kitab Al-Muyassar Fi Ilmi An-Nahwi Kelas X A MA Pesantren Persis 109 Kujang Ciamis Tahun Ajaran 2015/2016.†UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Yolanda Sari, Noca, Hermin Sukmiati, and Muhammad Muslihuddin. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Macromedia Flash 8 Di TPA Al-Hidayah Sidoharjo Pringsewu, Dalam Jurnal PGMI†2 (2016): 28.

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles