Pengaruh Tingkat Language Talent Siswa dan Pengaruhnya terhadap Prestasi serta Motivasi Belajar Fikih

  • Fauziah Fauziah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Binti Nasukah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: bakat berbahasa, prestasi belajar, motivasi belajar, pelajaran Fikih

Abstrak

Pembelajaran Fikih merupakan salah satu materi agama Islam yang wajib diajarkan di madrasah. Para peneliti dan praktisi pada materi Fikih berupaya mencari faktor-faktor yang bisa meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Terdapat asumsi bahwa Salah satu faktor yang turut menentukan ketuntasan belajar Fikih adalah kepemilikan language talent. Berdasarkan asumsi tersebut, penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat language talent siswa memiliki dampak terhadap prestasi dan motivasi belajar mereka, dengan terlebih dahulu mengungkap tingkat kemahiran berbahasa, tingkat prestasi belajar dan tingkat motivasi belajar khusus pada mata pelajaran Fikih. Penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui survei angket untuk variabel language talent dan melalui dokumentasi untuk variabel prestasi belajar Fikih siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa MTsN di Kabupaten Malang, dengan sampel responden sejumlah 122. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji hubungan (kausal) melalui regresi linier. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh language talent terhadap peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa. Temuan ini berimplikasi pada diperolehnya satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh para guru Fikih dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa mereka, yaitu faktor language talent.

Referensi

Agratama, Efranjy. Express Mudah Belajar Bahasa Arab. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2016.

Ali, Anang Ilham. “Strategi Pembelajaran Fiqih Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa Di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.†Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

Anni, Catharina Tri. Teori Pembejaran. Semarang: MKU UNNES, 2006.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press, 1997.

Damayanti, Desy. “Keren, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Berbakat Bicara Di Depan Publik,†Oktober 2018. https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/tanda-kamu-berbakat-bicara-di-depan-publik-c1c2.

Dini, Dini, Siti Asiah, and Siti Ubaidah. “Pembelajaran Fiqih Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi.†UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

Direktorat Jenderal Bimbaga Islam. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi. Jakarta: Departemen Agama RI, 2004.

Edidarmo, Toto. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Berdasarkan ‘Hierarchy Of Needs’ Maslow.†Afaq Arabiyah 8 (2013).

Fahrurrozi, Aziz. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan Solusinya.†Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2014): 161–80.

Fauzi, Anis, and Aditiya Fahmi. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Di MTs Al-Fitroh Tangerang).†Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5 (2020): 1–69.

Hadi, Samsul. “Implementasi Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.†UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Hapsari, Sri. Bimbingan & Kons SMA Kls X. Jakarta: Grasindo, 2005.

Herawati, Netty. “Pengaruh Metode Hypnoquantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.†Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 4, no. 1 (2011): 57–64.

Hidayah, Nurul. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Fathul Akbar Desa Banyu Urip Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016,†2016.

Hizbullah, Nur, and Zaqiatul Mardiah. “Masalah Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Di Jakarta.†Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 2, no. 3 (2015): 189–98.

Husna, Titin Alia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fikih Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.†IAIN Palangka Raya, 2021.

Islam, Asep Muhammad Saepul. “Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Siswa Madrasah.†Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (2015): 1–16.

Ismaya, A. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang.†Universitas Negeri Semarang, 2017.

Jensen, E. Pemelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru (2nd Eds). Translated by Benyamin Molan. Jakarta: PT Indeks, 2011.

Kamijan, and Suyono. “Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pelajaran Menyimak.†Jakarta: Depdiknas, 2002.

Mahmudin, Samud. “Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Motivasi Dan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh: Penelitian Di MTs Persis 24 Rancaekek Kab. Bandung.†UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Muchtar, Ilham. “Metode Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.†Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2017): 12–23.

Muhibbin, Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Murniarti, Erni. Pengertian Bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, Dan Implikasi Pendidikan. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Jakarta, 2020.

Nashar. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press, 2004.

Ningrum, Nurjalilah Nufia. “Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Al-Quran Hadits Siswa SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep.†Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Novianti, Dwi Erna. “Kurikulum Dan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Apa Dan Bagaimana?†Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1, no. 1 (2020).

Saputro, Suprihadi, and H. Zainul Abidin. Strategi Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan, 2006.

Shaleh, Marhamah. “Pengaruh Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris) Tehadap Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pondok Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Ii),†n.d.

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Sona, Mia El Rahma. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemodelan.†JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2, no. 2 (2021): 202–12.

Sousa, David A. Bagaimana Otak Yang Berbakat Belajar. Jakarta: PT Indeks, 2012.

Su’aidah, Luthfi. “Penggunaan Teknik Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MIA 1 MAN 2 Tulungagung.†Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, no. 5 (2019): 174–82.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Utami, Nur Azizah Putri. “Penerapan Model Pembelajaran Praktik Pada Mata Pelajaran Fikih Selama Masa Pandemi Covid 19 Di Mts Negeri 10 Sleman Yogyakarta,†2021.

Vinallia, Vinallia. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri Purwoasri Kab. Kediri.†Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 8, no. 2 (2018): 153–62.

Wardianti, Eitri. “EFektivitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fikih Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV MIN 04 Seluma.†UIN Fatmawati Sukarno, 2021.

Wijaksono, Agung. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android.†At-Turost: Journal of Islamic Studies 7, no. 2 (2020): 165–85.

Winkel, W. S. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Zaenudim, Zaenudin. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Melalui Penerapan Strategi Bingo.†Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015).

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles