IMPLEMENTASI Implementasi Regulasi Standar Pendidik Berwawasan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada PTKI Jawa Timur

  • Fauziah Fauziah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Standar Pendidik, Merdeka Belajar, Regulasi Pendidik

Abstrak

Sejauh ini pengelolaan standar pendidik belum optimal dikarenakan proses rekrutmen yang tidak selektif dan pengembangan kompetensi belum dilakukan dengan baik sehingga diperlukan langkah yang strategis dalam mengembangkannya terlebih dalam menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi yang membutuhkan langkah yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi regulasi standar pendidik berwawasan MBKM pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Kediri dan Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Data diperoleh dari keterangan pimpinan atau pemangku kebijakan secara lisan dan dokumentasi pengelolaan standar pendidik di PTKI Jawa Timur. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi regulasi standar pendidik berwawasan MBKM pada PTKI Jawa Timur dilaksanakan berdasarkan UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, dan implementasinya pada rekrutmen dosen dan pengembangan kompetensinya serta kualifikasi yang dapat menyelenggarakan program MBKM yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan guna memberikan gambaran utuh kesiapan dosen dalam memfasilitasi merdeka belajar.

Referensi

Baharuddin, dan Makin. (2010). Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, Malang: UIN-MALIKI Press

Burhanuddin, dkk. (1995). Profesi Keguruan. Malang: IKIP Malang.

Djunaidi. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, Vol. 2 (1), 89-118.

Fajar, Malik. (1998). Visi Pembaruan Pendidikan Islam, Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan penyusunan Naskah Indonesia (LP3NI).

Fauziah. (2017). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, Vol. 2 (1), 36-60.

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Hilmi, D., Toifah., & Sa’diyah, H. (2023). Curriculum Development Strategy for Independent Learning in Arabic Language Learning at PTKIN in East Java. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, Vol. 7(2), 159-177.

Junaidi, Aris. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Dit. Belmawa Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. (2007).Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara

Murni, Wahid. (2010). Pengembangan Kurikulum IPS dan Ekonomi di Sekolah dan Madrasah, Malang: UIN-Maliki Press

Muslim, Sri Banun. (2009). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta

Mutohar, Prim Masrokan. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Edisi III

Qomar, Mujamil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Penerbit Erlangga

Ramadhan, Syahrul dan Suci Megawati. (2022). Implementasi Kebijakan MBKM Dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Publika, Vol. 11 (1), 1581 - 1592

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana

Setiawan, A. Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, Vol. 2(5), 905-913.

Suyanta et al. (2020). Studi Kebijakan Pendidikan: Analisis Standar Pendidik di Kabupaten Temanggung. Bhumiphala: Jurnal Pengembangan Daerah, Vol. 1 (1), 25-35

Tim MBKM. (2022). Mekanisme MBKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses pada https://mbkm.uin-malang.ac.id/index.php/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Usman, Uzer. (1998). Menjadi Guru Profesional. Cet.IX, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles