Penguasaan Nahwu Menggunakan Kitab Nazm Al-‘Imrithi Dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning: Studi Analisis Korelasional

  • Wildatul Muyasiroh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran nahwu, pembelajaran kitab kuning, pembelajaran bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan nahwu menggunakan kitab Nazm Al-‘Imrithi dan kemampuan membaca kitab kuning. Penelitian dilaksanakan pada populasi siswa kelas XI MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Penelitian menggunakan metode  kuantitatif, di mana data primer didapatkan melalui penyebaran angket. Sampel terdiri dari 30 siswa dari jumlah populasi 62 siswa yang didapat menggunakan metode Purposive Sampling. Peneliti mengumpulkan data-data yang berasal dari instrumen tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi pembelajaran nahwu menggunakan kitab Nazm Al-‘Imrithi berada pada tingkat persentase 79, 93% yang berarti sudah “baik”. Sedangkan kemampuan membaca kitab kuning berada pada tingkat persentase 86,93% yang berarti sudah “Baik Sekali”. Peneliti menganalisis hubungan antara keduanya menggunakan rumus Product Moment yang menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar daripada rtabel. Dengan demikian hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan nahwu dan kemampuan membaca kitab diterima, dengan tingkat hubungan pada taraf “sedang”. Hasil penelitian memberi sumbangsih adanya satu faktor yang perlu diperhatikan guru ketika mengajarkan kitab kuning agar memperhatikan kemampuan nahwu mereka jika ingin mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Referensi

Al-Samuk, Sa’dun Mahmud dan Huda. (2005). Manahij Al-Lughah wa Thuruq Tadrisiha. Oman: Dar Wail Lil Nasr.

Asy’ari, Hasyim dan Dani Firdaus. (2021). Thariqah Amtsilati Litarqiyah Maharah Qira’ah Kutub Al-Turats Laday Al-Talamidz. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 36-53. https://doi.org/10.53515/lan.v3i1.4448

Awaluddin, A. Fajar. (2021). Kemampuan Baca Kitab Kuning di pesantren (Studi Komparatif Metode Mumtaz dan Metode Qawaid wa Tarjamah pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 9(2), 199-208.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Medernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Duli, Nikolaus. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deeppublish.

Fahrurrozi, Aziz. (2014). Pembelajaran bahasa arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 161-180. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137

Firdaus, Dani dan Fathor Rahman. (2022). Pengembangan Kemampuan Fahmu Al Nahwi melalui Kitab Nahwu Al-Wadikh di Majelis Ta’lim PP. Al-Qodiri Jember. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 71-84. https://doi.org/10.53515/lan.v3i2.4627

Galfan, Musthafa. (2013). Al-Lisaniyat Al-Arabiyah As’ilah Al-Manhaj. Jordan: Darul Wurud.

Hanafi, Anang. (2019). Tanfidz Al-Nahw li Al-Fashl Al-Hadi Asyar bi Qism Al-Lughah Al-Arabiyah bi Madrasah Futuhiyah 2 Al-Aliyah Al-Islamiyah Meranggen Demak. Semarang: Penelitian Pendidikan Bahasa Arab UIN Walisongo Semarang.

Ihwan, M. B., Mawardi, S., & Ni’mah, U. (2022). Pengaruh penguasaan ilmu nahwu dan sharaf terhadap kemampuan membaca kitab Fathul Qarib. Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61-77. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1422

Luthfi, Khabibi Muhammad. (2018). Epistemologi Nahw Ta ‘Lîmî Dalam Persepektif Linguis Arab Kontemporer. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(2), 233-254.

Luthfiyah, Ida Laili. (2021). Fa’aliyah Ta’lim Al-Nahw bi Istihdam Kitab Majmu’ah Masail Nazm Al-‘Imrithi fi Al-Shaf Al-Sadis. Salatiga: Penelitian Pendidikan Bahasa Arab UIN Salatiga.

Mariyam, Siti. (2021). Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda. atsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 71-81. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.2828

Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigandi Karya.

Mu’izzuddin, M. (2019). Implementasi Metode Qiyasiyah terhadap Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Al-Jurumiyah. An-Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran bahasa Arab, 21(01), 93-113. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1608

Mu’izzuddin, M., Juhji, J., dan Hasbullah, H. (2019). Implementasi Metode Sorogan dan Bandungan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 43–50. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1942.

Mu’izzuddin, Mochamad. (2021). Aktualisasi Penggunaan Metode dan Pengembangan Materi Nahwu di Pondok Pesantren Salafi Al-Fathaniyyah serang. Uktub: Journal of Arabic Studies, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.32678/uktub.v1i1.4448

Naima, Ghazali. (2021). Asalib Tadris Qawaid Al-Lughah Al-Arabiyah. Maktabah Lisan Al-Arab

Rahmawati, Anis Eka. (2020). Al-Musykilat fii Tadris Al-Nahwi bi Kitab Al-‘Imrithi lil Tilmidzat Al-Shaf Al-Rabi’ bi Al-Madrasah Al-Diniyah Miftahul Huda. Ponorogo: Penelitian Pendidikan Bahasa Arab UIN Ponorogo.

Sari, Ana Wahyuning. (2017). Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 16-17. https://doi.org/10.15294/la.v6i1.14388

Sehri, Ahmad. (2010). Metode Pengajaran Nahwu dalam Pengajaran Bahasa Arab. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 7(1), 47-60. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i1.108.47-60

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrum dan Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Yunisa, Melinda. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 3(1), 63-79.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles