Pemetaan Tipologi Pesantren di Desa Santri: Studi Kasus Desa Ganjaran Kabupaten Malang

  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Al-Qolam Malang, Indonesia
  • Badrul Arifin Universitas Al-Qolam Malang, Indonesia
Kata Kunci: Pondok pesantren, tipologi pesantren, desa santri, studi kasus, pemetaan pendidikan Islam

Abstrak

Pesantren merupakan institusi pendidikan Islam tertua di Indonesia yang terus mengalami perkembangan dan transformasi hingga tetap relevan dalam sistem pendidikan nasional. Salah satu wilayah yang memiliki konsentrasi pesantren cukup tinggi adalah Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, yang dikenal sebagai Desa Santri. Namun, kajian akademik yang secara spesifik mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tipologi pesantren di wilayah ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi seluruh pesantren di Desa Ganjaran serta mengkaji tipologinya berdasarkan teori-teori pendidikan pesantren dan kesesuaiannya dengan regulasi pendidikan nasional. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui dokumentasi arsip desa, situs resmi pesantren, dokumen internal lembaga, wawancara mendalam, serta observasi lapangan. Analisis data dilakukan melalui teknik pattern matching dan cross-case synthesis untuk mengidentifikasi pola-pola klasifikasi berdasarkan dimensi historis, sistem pembelajaran, kepemimpinan, legalitas, serta pengaruh sosial keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 24 pesantren aktif di Desa Ganjaran. Pesantren tertua berdiri sejak tahun 1908 dan yang termuda didirikan pada 2023. Seluruh pesantren masih menganut sistem tradisional (salafiyah) dan sebagian besar masih dipimpin langsung oleh pendirinya. Pesantren telah memiliki fasilitas yang tergolong lengkap, namun sebagian belum memiliki izin operasional resmi. Secara umum, mayoritas pesantren memiliki pengaruh keagamaan yang meluas hingga luar Pulau Jawa, meskipun tidak ada yang memiliki lebih dari seribu santri mukim. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman akademik tentang diversitas pesantren dalam satu wilayah desa serta implikasinya terhadap pengembangan kebijakan pendidikan Islam berbasis komunitas lokal.

Referensi

A`dlom, S. (2016). Tarekat Dan Sistem Pendidikan Pesantren Perspektif KH. Mudjtaba Bukhori. URWATUL WUTSQO, 5(1). https://core.ac.uk/reader/231313620

Abdurrahman, A. (2020). Sejarah Pesantren Di Indonesia: Sebuah Pelacakan Genealogis. Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 4(1). https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388

Absari, D. S. (2019). Tipe Bentuk Ruang-Dalam Rumah Masyarakat Madura Medhalungan di Desa Ganjaran, Gondanglegi, Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/178375/

Anwar, A., & Maman, M. (2022). Perkembangan Pesantren Antara Harapan Dan Tantangan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1037-1048.

Bahri, S. (2018). Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Sistem Pendidikan Pesantren. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1). https://doi.org/10.32923/edugama.v4i1.795

Busthomi, Y. (2020). Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Desa Ganjaran Gondanglegi Malang. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v3i2.599

Busthomi, Y. (2024). Santri Multi Etni Di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 (Studi Analisis Pendidikan Multi Etnis dengan Pendekatan Tafsir). Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.58401/takwiluna.v5i2.1586

Falikul Isbah, M. (2020). Pesantren in the changing indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1). https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.5629

Fitri Meliani, Andewi Suhartini, & Hasan Basri. (2022). Dinamika dan Tipologi Pondok Pesantren di Cirebon. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 297–312. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10629

Hasyim, M. (2015). Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi Dalam Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Iganjaran Gondanglegi Malang. An-Nuha, 2(2). https://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/44

Holil, M., Asmuki, A., Mighfar, S., & Rafiqie, M. (2024). Pengembangan Tipologi Pesantren: Sebuah Kritik atas Tipologi Dhofier dan Ziemek. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.35316/jummy.v2i1.5428

Joni, S. (2016). Eksistensi dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. At-Ta'dib, 11(2).

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1626 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Keberadaan Pesantren, Pub. L. No. Nomor 1626 Tahun 2023, Dirjen Pendis Kemenag RI (2023).

Kuncoro, A., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan di Pesantren Dari Pesan Kyai Menuju Insan Sejati. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 830-833. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4143

Kusumawati, I., & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01). https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293

Muafiah, E., Sofiana, N. E., & Khasanah, U. (2022). Pesantren Education In Indonesia: Efforts to Create Child-Friendly Pesantren. Ulumuna, 26(2). https://doi.org/10.20414/ujis.v26i2.558

Mulyono, A., Wafiroh, N. L., & Muthmainnah, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme dan Sabun Eco-Enzyme Daun Bidara Pada Santri Ponpes Bahrul Ulum Al-Fattah Gondang Legi. JRCE (Journal of Research on Community Engagement), 4(1). https://doi.org/10.18860/jrce.v4i1.16472

Nasihuddin. (2025, June 10). Wawancara, Sejarah PP. Raudlatul Ulum 1 Ganjaran.

Nihwan, M., & Paisun. (2019). Tipologi Pesantren (Mengkaji Sistem Salaf dan Modern). Jurnal Pemikian Dan Ilmu Keislaman, 2(1).

Prasetyo, M. A. M. (2022). Organizational and Cultural Transformation of Pesantren in Creating A Competitive Culture. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 73-88.

Sahudi. (2022). Kesantunan Berbahasa Di Lingkungan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang [UNISMA Malang]. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5079

Samsu, S., Kustati, M., Perrodin, D. D., Ritonga, M., Kosim, M., Rusmini, R., & Suwendi, S. (2021). Community empowerment in leading pesantren: A research of Nyai’s leadership. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4). https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21833

Shavir, R. C. (2021). The Impact of Cultural Dakwah on Education and Islamization: A Case Study at “Desa Santri”, Kajen, Pati. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3604

Sodik. (2021). Strategi Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Putra Desa Ganjaran Kabupaten Malang. Turatsuna, 3. https://jim.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/11309

Suhaili, H., Remiswal, R., & Sabri, A. (2025). Evaluasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Asy Syarif untuk Optimalisasi Infrastruktur dalam Mendukung Pembelajaran. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 19(2), 188-196.

Supriyadi, Y., Tihami, T., & Gunawan, A. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di Pondok Pesantren. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 10, 120-151.

Suratni, E., & Susanti, E. (2018). Tingkat Pengetahuan Santri Pondok Pesantren Zainul Ulum Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang Tentang Penyakit Skabies [Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang]. https://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/313/

Suwendi, S., Gama, C. B., Farabi, M. F. F., Fuady, F., & Arman, A. (2024). Roles and Challenges of Pesantren Intellectual Networks. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 24(2), 453. https://doi.org/10.22373/jiif.v24i2.23134

Syafe'i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Syam, M. I. L. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang [UNISMA Malang]. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1439

Wahono, M., Budimansyah, D., Malihah, E., & Fitriasari, S. (2023). The Role of Social Capital of Islamic Students (Santri) in Facing the Impacts of Globalization: A Case Study at Buntet Islamic Boarding School. Society, 11(2), 377-397. https://doi.org/10.33019/society.v11i2.591.

Wasehudin, Rohman, A., Wajdi, M. B. N., & Marwan. (2023). Transforming Islamic Education Through Merdeka Curriculum in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.15575/jpi.v9i2.28918

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Sixth Edition. SAGE Publications.

Zaenurrosyid, A. (2018). Pengaruh Pondok Pesantren Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 7(1). https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i1.133

Zeini, M. (2016). Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 dan Implikasinya pada Budaya Masyarakat di Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang [Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/2843/

Diterbitkan
2025-06-30
Bagian
Articles