Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Panca Jiwa di Pesantren: Strategi dan Tantangan dalam Era Digital

  • Umar Al Faruq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nur Arifuddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • syamsulsyafa@uin-malang.ac.id Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Farihatul Husniyah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Panca Jiwa, pendidikan karakter, pesantren, ukhuwah Islamiyah, kemandirian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak nilai-nilai Panca Jiwa dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Ihyaul Qur’an Nururrahman, Kabupaten Malang. Melalui metode kualitatif dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, penelitian ini mengungkap bahwa nilai keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan berpikir diinternalisasikan secara terintegrasi dalam aktivitas keseharian santri, kurikulum pembelajaran, dan interaksi sosial pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keikhlasan dan kesederhanaan tumbuh melalui pembiasaan ibadah harian; nilai kemandirian tercermin dalam pengelolaan diri dan tanggung jawab pribadi; ukhuwah Islamiyah berkembang melalui kegiatan sosial kolektif; sedangkan kebebasan berpikir ditanamkan melalui metode diskusi dan peer tutoring. Dampak implementasi nilai-nilai tersebut terlihat dari peningkatan disiplin, tanggung jawab, empati sosial, serta spiritualitas santri. Integrasi teknologi dalam pembelajaran juga mendukung penanaman karakter dalam konteks kekinian. Penelitian ini memperkuat teori pendidikan karakter berbasis lingkungan sosial-religius dan menunjukkan bahwa nilai-nilai Panca Jiwa bukan hanya doktrin normatif, tetapi menjadi praktik hidup yang membentuk kepribadian santri secara holistik.

Referensi

Aini, N. Q., Faturohman, N., & Darmawan, D. (2023). Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Guna Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kb Azzahroh Serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2). https://pdfs.semanticscholar.org/e268/d5b75f58bc57854c67dd10b47f94c917b58c.pdf

Angreni, W. O. N., Rahagia, R., Setyawati, A., Kamaruddin, Muh. I., & Suprapto, S. (2024). Community participation in clean and healthy living as an effort to improve the quality of health. Abdimas Polsaka, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v3i1.60

Astuti, N. K. A. Y. (2025). Optimalisasi Peran Guru dalam Internalisasi Nilai Pancasila untuk Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.813

Aulia Herawati, Putri Dewi Sinta, Siti Nurhidayatul Marati, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Generasi Muda di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 370–380. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.987

Azzahra, A. (2025). Membangun Sinergi Sekolah dan Masyarakat: Inovasi Pengelolaan dalam Konteks Pendidikan Islam. Journal of Innovative and Creativity, 5(2).

Bahri, S., & Ilhami, H. (2023). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kultur Religius Di Sekolah Dasar. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1), 29–38.

Bahri, S., Nuryati, N., & Masitoh, S. (2024). Pendidikan Agama Islam Dan Kebebasan Berpikir. Kaffah: Jurnal Pendidikan Dan Sosio Keagamaan, 3(2), 169–183.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 47. https://doi.org/10.22202/mamangan.1313

Chandra, P. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 243. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497

Chanifudin, C. (2016). Pendekatan Interdisipliner : Tata Kelola Pendidikan Islam Di Tengah Kompleksitas. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5(9). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.90

Fahruddin, M. (2025). Manajemen Pendidikan Karakter Religius: Studi Komparatif Pesantren NU, Muhammadiyah, dan Hidayatullah. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 3(1), 32–45. https://doi.org/10.59001/pjier.v3i1.299

Falah, R. Z. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.853

Fitri Barokah, Sari, Z., & Chanifudin. (2024). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3), 721–737. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i3.1209

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital:Tantangan dan Peluang pada Abad 21. AL -MIKRAJJurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006

Hamdi, H., Yusuf, M., & Jawhari, A. J. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pikir Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 9(1).

Hamka, A. F. (2025). Tantangan Dan Strategi Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(1).

Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, Muh. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1220

Joyce, B. R., & Weil, M. (2011). Models of Teaching. Pearson.

Lovandri Dwanda Putra & Suci Zhinta Ananda Pratama. (2023). Pemanfatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956, 4(8), 323–329. https://doi.org/10.36312/jtm.v4i8.2005

Mahdi, A. (2013). Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islamic Review, 2(1). https://doi.org/: https://doi.org/10.35878/islamicreview.v2i1.29

Masruroh, M., & Hadi, S. (2025). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bebasis Karakter di Era Digital. Journal of Innovative and Creativity (Joecy), 5(2), 66–74. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.125

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Misrawi, Z. (2002). Post Tradisionalisme Islam: Dari Teologi Teosentrisme Menuju Teologi Antroposentrisme. Millah, 2(1), 22–36. https://doi.org/10.20885/millah.vol2.iss1.art2

Muhartini, M., & Mansur, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1). https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index

Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Pesantren Di Era Digital (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 512–539.

Mulyana, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina.

Noor, W. (2018). Pembaharuan Pesantren: Arah dan Implikasi. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 67–84. https://doi.org/10.32923/edugama.v4i1.663

Nurhabibi, Arifannisa, Ismail, D., & Kuswandi, D. (2025). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia:Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(1), 249=258. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1527

Nurul Romdoni, L., & Malihah, E. (2020). Membangun pendidikan karakter santri melalui panca jiwa pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 13–22. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Oktaviani, N. M. A. D. (2025). Revitalisasi Nilai Tattwa Dan Etika Hindu Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Era Digital. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(02), 149–159. https://doi.org/10.53977/ps.v4i02.2507

Posangi, S. S. (2018). Hakikat Kebebasan Berpikir Dan Etika. Irfani, 14(1). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/1985/1104

Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425

Ramadhani, A. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Membangun Kemandirian Anak. Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak. Seminar Nasional Dan Call For Paper Peran Pendidikan Bagi Kesukssan SDGs.

https://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/42/28

Reskiawan, M. M. N., & Agustang, A. (2022). Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Di MAN 1 Kolaka. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/ctpm3

Restu Permohonan Hasibuan, Makruf Makruf, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi Digital untuk Meningkatkan Literasi Keagamaan. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(2), 01–12. https://doi.org/10.59841/al-mustaqbal.v2i2.90

Rukmini, R. D., Daheri, M., Warlizasusi, J., & Sumarto, S. (2024). Peran Monitoring Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektifitas Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(3), 6–10. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.308

Saifullah Saifullah & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Membangun Karakter Santri Melalui Pendekatan Spiritual Berbasis Al-Quran dan Hadits: Studi Empiris di Lingkungan Pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.874

Saini, M. (2024). Pesantren dalam Era Digital: Antara Tradisi dan Transformasi. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(2), 342–356. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i2.1600

Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3(1). https://core.ac.uk/download/pdf/268139055.pdf

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Silvina Waroh, Amelia Putri, & Gusmaneli. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012

Soleh, M. I. (2024). Transformasi Administrasi Pondok Pesantren Modern di Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 4(02), 50–59. https://doi.org/10.57060/jers.v4i02.128

Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102–109. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015

Supriyanto, E. E. (2020). Jurnal Pendidikan NUsantara: Kajian Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora. Jurnal Pendidikan NUsantara: Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 13–26.

Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren (1st ed.). IRCiSoD.

Thouless, R. H. (2022). An Introduction to the Psychology of Religion. Creative Media Partners, LLC.

Triyono, B., & Mediawati, E. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Islam melalui Pendidikan Pesantren: Implementasi dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(1), 147–158.

Umam, L. F. (2024). Implementasi Nilai Nilai Zuhud Terhadap Sikap Kosumerisme (Studi Analisis Nilai Kesederhanaan Dalam Panca Jiwa Pondok Modern Darussalam Gontor). AL-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 7(4), 1137–1163. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i4.1223

Wafa, A., Thoyyib Madani, M., & Subairi, S. (2024). Pendidikan Islam Berwawasan Nilai-nilai Toleransi di Pesantren Nazhatut Thullab. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.59373/academicus.v3i1.36

Diterbitkan
2025-06-29
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##