Penggunaan Flash Card sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Tarkib Bahasa Arab

  • Yudisthira Ade Hermansyah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Bahasa Arab, flash card, materi Tarkib, hasil belajar, penelitian eksperimen

Abstrak

Di era 5.0 bahasa menjadi hal yang sangat urgent, dan Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Salah satu penyebab utama kesulitan siswa dalam belajar bahasa Arab saat ini adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Padahal, pemanfaatan media dalam pembelajaran sangat membantu dalam terlaksananya proses belajar mengajar agar efektif. Flash card merupakan salah satu media pembelajaran yang dinilai efektif dalam membantu siswa memahami materi Tarkib, karena memungkinkan mereka untuk menyusun dan mengartikan kosakata secara mandiri. Hal tersebut menjadikan siswa bisa belajar mandiri dan berfikir lebih baik lagi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah flash card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Tarkib mata pelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Sebagai bagian dari pendekatan eksperimen, studi ini melibatkan pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan hasil belajar. Perhitungan hasil penelitian dilakukan menggunakan software SPSS versi 26.0 untuk Windows. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,038 pada data post-test dan 0,026 pada data gain score. Karena kedua nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, maka Hipotesis (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab materi Tarkib.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Arief S. Sadiman, Dkk. (2013). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamruni, dkk.(2021). Teori Belajar Behaviorisme (dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-tokohnya). Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-623-6095-12-6

Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal, 2(2), 187-192.

Hilyani, E. (2018). Pembelajaran Tarkib Bahasa Arab melalui pembelajaran Cooperative Learning dengan menggunakan teknik tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). http://digilib.uinsgd.ac.id/14111/

Islami, M. F., & Islami, M. F. (2019). Implementasi media Flash card dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Tajdidukasi Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.258

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal ekonomi & pendidikan, 8(1), 19-35.. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Priyatno, Duwi (2012) Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Mediakom.

Pransiska, T. (2015). Konsep I’rab Dalam Ilmu Nahwu (Sebuah Kajian Epistemologis). Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1).. https://doi.org/10.15121/amjpba.2015.151.

Rachmawati, D. A., Erita, E., Taihuttu, S. M., Lekitoo, J. N., Annisa, A., Sarmidi, S., Marzuki, M., Permana, R., Sa’diyah, H., Mindaudah, M., & Yulianti, A. (2025). Media pembelajaran. CV. Gita Lentera.

Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Sanjaya, Wina (2012) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Saputri, S. W. (2020). Pengenalan flashcard sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56-61.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, Talizaro. (2018) “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Talqis Nurdianto, and Noor Azizi bin Ismail.(2020) “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia.” Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6 (1): 1–22. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.01.

Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 162. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i2.600

Utami, R., Mustakim, N., Taufiq, A., Rahmi, S., Sanwil, T., Febrianingsih, D., Bahtiar, I. R., Amzana, N., Ulfa, M., Surur, M., & Rasyidin. (2021). Media pembelajaran bahasa Arab. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahab, M. A. (2014). Peran bahasa arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 1-20. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1127

Wahyuni, Sri. (2020). Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. Tarbawi, 4(01), 38-55.

Zakiatunnisa, Z., Sukma, D. A., & Faidah, M. N. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Solusinya Bagi Non-Arab. Semnasbama, 4, 489–498. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/download/615/566

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi Yar Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.90

Diterbitkan
2025-06-29
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##