Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah Dalam Tafsir Fî Zhilâlil Qur`An Karya Sayyid Quthb
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis materi, tujuan, dan metode pendidikan karakter yang dapat ditanamkan kepada anak usia MI yang terdapat dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthbdalam QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19 sesuai ajaran Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan sehingga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber penelitian ini adalah tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthbkhususnya QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19.
Hasil penelitian materi karakter yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Religius(Tauhid, Cinta kepada Kedua Orang Tua), Peduli Sosial (Zakat, Memelihara Anak Yatim), dan Jujur (Jujur dalam Perniagaan, Jujur dan Adil kepada Kerabat). Sedangkan materi pendidikan karakter yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Religius (Tauhid, Syukur, Mendirikan Shalat, Cinta Kepada Orang Tua), Toleransi, Cinta Damai, dan Rasa Ingin Tahu. Tujuan yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Agar Manusia Tidak MenyekutukanAllah, Agar Seorang Anak Mencintai Orang Tuanya, Agar Manusia Menjaga Hubungan dengan Sesama, Agar Manusia Bisa Membedakan antara yang Halal dan Haram, dan Agar Manusia Memelihara Anak Yatim. Sedangkan tujuan yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Agar Manusia tidak Menyekutukan Allah, Agar Manusia Bersyukur, Agar Manusia Mendirikan Shalat, dan Agar Seorang Anak Berbakti kepada Kedua Orang Tuanya, Agar Manusia Mengamalkan Ilmunya, danAgar Manusia tidak Sombong. Metode yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah metode Pendidikan Karakter dengan Keteladanan, Menjaga Ukhuwah Islamiyah, Reward and Punishment, Pengulangan, dan Bersikap Adil. Sedangkan metode yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Metode Penanaman Karakter dengan Keteladanan, Pengulangan, dan Kasih Sayang/Lemah Lembut.
References
Quthb, Sayyid. Fî Zhilâlil Qur`an. terj. Yasin, As’ad, dkk. Di Bawah Naungan Al-Qur’an Jilid 4. Cet.l. Jakarta: Gema Insani, 2008.
Quthb, Sayyid. Fî Zhilâlil Qur`an. terj. Yasin, As’ad, dkk. Di Bawah Naungan Al-Qur’an Jilid 9. Cet.l. Jakarta: Gema Insani, 2008.
Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin. terj. Ismail Yakub, Ihya’ Al Ghazali. Semarang: C.V. Faizan, 1979.
Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025, dalam Puskurbuk, Januari 2011.
Majid, Abdul, dkk. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bangsa: Puskurbuk, Januari 2011.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter “Strategi Membangun Karakter bangsa Berperadabanâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Kamarulzaman, AKA dkk. Kamus Ilmiah Serapan. Yogyakarta: Absolut, 2005.
Kusuma, Darma, dkk. Pendidikan Karakter “Kajian Teori dan Praktek Disekolahâ€. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Dede Supriatin, “Nilai-nilai dan Metode Pendidikan Karakter dalam Surat Yusuf. Tesis. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.
Sulistyowati, Endah. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Citra AjiParama, 2012.
Darmadi, Hamid. Dasar Konsep Pendidikan Karakter. cet.ll; Bandung: Alfabeta, 2009.
Ayyub, Hasan, As Sulukul Ijtima’I Fil Islam, terj. Tarmana Ahmad Qasim, Sofyan, dan Endang Suhinda, Eyika Islam menuju Kehidupan yang Hakiki. Bandung: Trigenda Karya.
Huda, Miftakhul dan Muhammad Idris. Nalar Pendidikan Anak, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Muchlas dan hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin di terjemahkan Abu Abdillah Salim. Edisi Indonesia “Tuntutan Ulama Salaf dalam Menuntut Ilmu Syar’i†Pekalongan: Pustaka Sumayyah, 2006.
Ilahi, Muhammad Takdir. Revitalisasi Moral Berbasis Moral. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Mursidin. Moral Sumber Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Naim, Ngainun. Character building,â€optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan ilmu dan pembentukan karakter bangsaâ€. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Shihab, Quraish. Wawasan Al-Qur’an “Tafsir Tematik atas Berbagai Persoalan Umat.â€Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007.
Shihab. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an Vol 1. Jakarta:Lentera Hati, 2002.
Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter “Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif.†Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Kitabul ‘Ilmi, terj. Abu Abdillah Salim bin Subaid, Tuntunan Ulama Salaf dalam Menuntut Ilmu Syar’I. Pekalongan: Pustaka Sumayyah.
Andrianto, Tuhana Taufiq. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Undang-Undang no. 20 tahun 2003 pasal 3
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Zubaedi. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. ke-4. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Usman, Husaini &Purnomo S. Akbar. Metodologi Penelitian Sosial, cet. 4. Jakarta : Bumi aksara, 2000.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya.
Kusuma A, Doni. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo, 2007.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.XIX. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Malang: Bumi Aksara, 2010.
Zed, Mestika.Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: IKAPI DKI Jaya, 2008.
Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rinneka Cipta, 2013.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Departemen Agama RI. Jakarta: DIRJEN Kelembagaan Agama Islam.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter Kondepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan Cet. 3. Jakarta: Kencana, 2013.
Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Imam Jalaluddin As-Suyuti, Tafsir Jalalain, terj. Bahrun Abu Bakar, Tafsir Jalalain berikut Asbabun Nuzul Jilid 1. Cet. 6. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2008.
Shalah Abdul Fatah Al-khalidi, Madkhal ila Zhilalil-Quran, terj. Salafuddin Abu Sayyid, Pengantar Memahami Tafsir Fî Zhilâlil Qur`an Sayyid Qutub. Cet.1. Solo: Era Intermedia, 2001.
Muhammad, Abdurrahman. Kepemimpinan Syura. Cet.1. Surabaya: Lentera optima Pustaka, 2010.
Nazarudin, Mgs. Manajemen Pembelajaran, Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Cet.1. Yogyakarta: Teras, 2007.
Kurniasih, Imas. Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad Saw. Cet.1. Yogyakarta: Galangpress, 2010.
Albari, Subhan Husain. Agar Anak Rajin Shalat. Cet.1. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Riyadh, Sa’ad. Kaifa Nuhabbibul Qur’an li Abna’ina Maharat Tarbawiyah fi Tahfidzil Qur’an, terj. Mujtahid, Umar. Ingin Anak Anda Cinta Al-Qur’an?. Cet.1. Solo: Aqwam.
Rianawati, “Peran Ibu dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini menurut pandangan Islamâ€, IAIN Pontianak, hlm. 2
Patimah, “Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyahâ€, PGMI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, hlm. 3
Sudaryanti, “Pentingnya pendidikan Karakter bagi Anak Usia Diniâ€, UNY, hlm. 1
Khoiriyah, (tesis, 2014) dengan judul “Karakter Pendidik dalam Al-Qur’an,â€. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.