Implementasi Metode Muhafadhoh Nadhom Dalam Pembelajaran Qowa’id Nahwiyah Di Pondok Pesantren At-Tahdzib Ngoro Jombang
Abstrak
Implementasi Metode Muhafdhoh adalah suatu cara dimana seorang guru menyuruh murid untuk berusaha meresapkan ilmu atau materi yang berbentuk bait-bait kedalampikiran agar selalu ingat. Dalam bahasa arab tata bahasa biasa disebut Qowa’id Nahwiyah merupakan bahasa Semitik dan tata bahasanya banyak kesamaan dengan tata bahasaSemitik lain.
Berdasarkan Konteks Penelitian di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana Implementasi Metode Muhafadhoh Nadhom dalam Pembelajaran Qowa’idNahwiyah di Pondok Pesantren At-Tahdzib. (2) Apa Problematika Penerapan Metode Muhafadhoh Nadhom dalam Pembelajaran Qowa’id Nahwiyah di Pondok PesantrenAt-Tahdzib (3) Apa saja yang diambil dalam penanganan masalah ini.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan analisis datanya adalah deskriptif kualitatif.
Problematika Metode Muhafadhoh Qowa’id Nahwiyah dikarenakan beberapa faktorbaik intern atau ekstern, intern seperti kurang adanya tekad yang kuat dan optimis, malas, kurang diulang-ulang, kurang lancer dalam membaca tulisan arab, sering menunda-nunda dan tidak bias mengatur waktu dengan baik. Ekstern seperti tidak ada guru pembimbing, kurang adanya perhatian dan motivasi, lingkungan kurang mendukung, terpengaruh oleh teman, banyak lafadz-lafadz yang mirip dan sulit untuk dihafalkan
Referensi
Bahtiar, Wardi. 1987. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta : Logos Wacana Ilmu,
Burhan al-Din Ibrahim al-Zarnuji al-Hanafi., Ta’alim mutaallim,
Eva Rufaida, 2002. Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial. Jakarta: Raja Gravindo Persada,
Fatah, H Rohadi Abdul, Taufik, M Tata, Bisri, Abdul Mukti. 2005. Rekontruksi Pesantren Masa Depan, Jakarta Utara: PT. Listafariska Putra.
H.mahmud, 2001, Pola Pembelajaran Dipesantren, Jakarta, Departemen Agama RI,
Hasbullah, 1995. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGafindo Persada,
Imam Suprayogo dan Tobroni, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama Bandung: Remaja Rosdakarya.
Koencoroningrat, 1981 Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Litho’atillah, 2010. Penggatar Hati, yogyakarta : el-Aziziyah Press,
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 13 Bandung: Remaja Rosdakarya,
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi, 1997. Metodologi Penelitian, Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara