Pengamatan Lingkungan Internal Dan Eksternal Lembaga Pendidikan Islam

  • M. Munir Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Nganjuk
  • Muhammad Zamroji Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib

Abstrak

Lingkungan  Lembaga  Pendidikan  Islam  (LPI)  adalah  seluruh  elemen yang     terdapat     di     luar     organisasi     yang     mempunyai     potensi     untuk mempengaruhi LPI. Lingkungan menjadi bagian tak terpisahkan dari LPI, yang keberadaannya  akan  turut  memiliki  andil  besar  bagi  keberlangsungan  hidup LPI   tersebut.      Dengan   demikian,   sebuah   LPI,   sebagai   sub   bagian   tak terpisahkan  dari  kehidupan  sosial  bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara, mutlak memiliki kesadaran akan lingkungannya.  Mereka harus menyadari dan mampu  menganalisis  factor faktor  di  sekitarnya  yang  dapat  ikut  membantu atau sebaliknya menghambat keberlangsungan hidupnya.

Jenis   lingkungan   yang   perlu   dianalisis   LPI   ada   dua:   internal   dan eksternal.Internal environtment dibentuk   oleh  seluruh   kelompok   internal sekolah,  seperti  tim  manajemen  puncak  (kepala  sekolah  dan  ketua  yayasan), manajemen   tingkat   menengah   (seperti   kepala   bidang,   staf   pengajar,   staf administrasi seperti sekretaris, staf  domestik  seperti  bagian  pelayanan,  dapur serta  cleaning  service),  dan  peserta  didik.  Lingkungan  eksternal  terdiri  dari lingkungan    mikro    dan    lingkungan    makro.    Lingkungan    mikro    (micro environtment)  akan  terdiri  dari  individu individu  atau  organisasi organisasi yang memiliki dampak potensial langsung terhadap sekolah, yaitu: kompetitor, pelanggan,  suplier,  intermediaris  dan  publik  lainnya.  Sedangkan  lingkungan makro  ( macro environtment)  terdiri  atas  sejumlah  kekuatan  yang  memiliki dampak  tidak  hanya  pada  sekolah,  tetapi  juga  seluruh  factor faktor  yang berada  di  dalam  lingkungan  mikro,  meliputi:  demografi,  ekonomi,  politik, hukum, sosio-kultural, ekologi dan teknologi.

Referensi

Amirin, Tatang M. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Bertalanffy, Ludwigvon.1972. “The History and Status of General Systems Theory,” Academy of Management Journal, 15 (December)
Clarke, Liz. 1994. The Essence of Change. UK: Prentice Hall.
David, Fred R. 2011. Strategic Management.13th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Evans,Ian G. 1995.Marketing For School. New York: Cassel.
Filip, Alina. 2012.“Global Analysis of the Educational Market
Environtment,”Procedia – Social and Behavioural Science,(46): 1552-1556.
Hasan, A. Al-Furqan Tafsir Qur’an. 2010. Jakarta: Universitas Al Azhar Indonesia.
Iriantara, Yosal.2004. Manajemen Strategis Public relations. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Jauch, Lwrence R. dan Willian F. Glueck. 1999. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Alih Bahasa : Murad dan AR. Henry Sitanggang. Jakarta : Erlangga.
Keegan, Warren J. 2009. Manajemen Pemasaran Global, Jilid I, alih bahasa Sindoro dan Tanty Syahlina Tarigan. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip. 1999.Marketing Essentials. Terj. Herujati Purwoko.
Jakarta, Erlangga.
Kusdi. 2009.Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta:
Humanika Penerbit Salemba
Lesly, Philip.1992. Lesly’s Handbook of Public Relation and Communication, 4th ed. Tokyo Probus Publishing Company.
Miller, Alex dan Gregory G. Dess.1996. Strategic Management. Second Edition.New York : Prentice Hall, Inc.
Mooney, Marianne dan Kelli Crane. 2002. “Connecting Employers, Schools, and Youth Through Intermediaries.” Issue Brief, Vol. 1, Issue 3. Moore,Frazier. 2004. Public Relation: Principles, Cases, and Problem, Terj. Lilawati
Trimo, HUMAS: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: remaja Rosdakarya.
Morrison, Debbie. 2014. “Three Trends That Will Influence Lenarning and Teaching in 2015”
Murniati dan Nasir Usman. 2009. Implementasi Manajemen Stratejik dalam Pemberdayaan Sekolah Manengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Nickels, William G.; Jam M. Hugh dan Susan M. Hugh. 2004. Pengantar Bisnis: Understanding Business. Jakarta: Salemba Empat.
Oxley, Harold. 1987. The Principle of Public relations. London: Kogan Page, Ltd.;
Pearce, John A. dan Richard B. Robinson. 2008. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Diterjemahkan oleh Yanivi Bachtiar dan Christine. edisi 10 buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Qomar, Mujamil.2002. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P. 1994. Organizations Theory: Structure, Design and Application.
Third Edition, Alih bahasa Yusuf Udaya. Jakarta: Penerbit Arcan. Supriyono. 1989. Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Wheelen,Thomas L. dan J. David Hunger. 2000. Strategic Management and Business Policy. Seventh Edition. New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Wright, Peter et al. 1996. Strategic Management: Concepts and Cases, (Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Yurniwati. 2005. Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal dan Perencanaan Strategi terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur. Bandung : Universitas Padjadjaran.
Diterbitkan
2019-08-26
Bagian
Articles