INFLUENCE THE APPLICATION OF THE PARAGRAPH BUILDING METHOD IN ARABIC LANGUAGE LEARNING TO INCREASE THE WRITING SKILL AT MADRASAH ALIYAH DARUL FAIZIN CATAK GAYAM – MOJOWARNO - JOMBANG
PARAGRAPH BUILDING METHOD
Abstrak
Jurnal ini menerangkan tentang "Pengaruh Penerapan Metode Paragraph Building Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharoh Kitabah Di Madrasah Aliyah Darul Faizin Catak Gayam – Mojowarno - Jombang ". Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa metode Paragraph Building merupakan pembelajaran yang mengutamakan pada ide pikiran siswa, sehingga menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ide pikirannya dan menuangkan menjadi sebuah tulisan atau kalimat-kalimat. Karena pembelajaran dengan metode ini lain dari pembelajaran-pembelajaran yang telah ada, dengan menghadapkan siswa pada tema yang menarik, diharapkan dapat menunjang maharoh kitabah siswa.
Penulis mengambil dua rumusan masalah yang akan dikaji yaitu, bagaimana penerapan metode Paragraph Building bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Faizin Catak Gayam Mojowarno Jombang, dan rumusan yang kedua adalah bagaimana pengaruh penerapan metode Paragraph Building bagi siswa kelas X Madarasah Aliyah Darul Faizin.
Metode penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rumus tes "t" untuk menganalisa datanya, karena jenis penelitian ini adalah penelitian jenis eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi perbedaan tingkat pencapaian maharoh kitabah siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Paragraph Building pada siswa sebanyak 75 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sedang sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sampel penelitian sebanyak 36 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas uji coba. Dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes.
Kemudian hasil yang diperoleh adalah bahwasannya metode Paragraph Building mempunyai pengaruh bagi maharoh kitabah siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Faizin, dengan perincian kelas uji coba rata-rata nilai adalah 6,63 (tes awal) dan 7,91 (tes akhir), sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai adalah 6,38 (tes awal) dan 6,94 (tes akhir). Dengan demikian ada pengaruh karena diantara keduanya mempunyai selisih yaitu 0,97.
Referensi
Arifin, Zaenal. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismail SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAiL.
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press.
Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,.
Nasution, M.A. 2003. Metode Research. Jakarta : Bumi Aksara.
Riyanto, Yatun. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya : Unesa Aniversary.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja GrafindoPersada.
Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2006. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung :Alfabeta.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriono S dan Sapari, Ahmad. 2001. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: SIC.
Suryabrata, Sumardi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Weiss, Donald H. 1990. Bagaimana Menulis Dengan Mudah dan Efektif. Jakarta: Binarupa Aksara.