Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Penelitian di SDN Cikampek Barat I)

  • Uma Gibran Nita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Camelia Permata Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Camelia Permata Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Perencanaan Pendidikan, Mutu Pembelajaran

Abstract

Perencanaan pendidikan di SDN Cikampek Barat I merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengelolaan sumber daya pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah yang terlibat dalam perencanaan pendidikan, yang meliputi mengartikulasikan tujuan sekolah, mendefinisikan tujuannya, dan membuat rencana pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode kualitatif meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi membentuk metodologi. Menurut temuan, perencanaan pendidikan di SDN Cikampek Barat I merupakan upaya kolaboratif yang melibatkan instruktur, orang tua, dan sejumlah siswa, yang mengarah pada peningkatan pencapaian target. Namun, masih ada tantangan dalam hal pendanaan dan fasilitas yang perlu diatasi untuk mendukung implementasi rencana pendidikan ini. Simpulan penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam perencanaan pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal.

References

Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan fungsi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12.

Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1).

A. L. Hartani, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta.PRESS indo 2009),h. 56

OK, A. H. (2020). Urgensi Perencanaan dalam Pendidikan. Al-HIKMAH, 23(1), 68-82.

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2021). Tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap implementasi standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38-53.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.

Mayasari, N., Arifin, M. M., Purnomo, D., Suyitno, M., Hikmah, N., Lestari, M. Z., ... & Sari, F. (2022). Perencanaan Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3).

Misbah, M. (2009). Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 68-91.

Published
2024-10-31
How to Cite
Uma Gibran Nita, Camelia Permata Putri, Sinta Rakasiwi, Camelia Permata Putri, & Hinggil Permana. (2024). Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Penelitian di SDN Cikampek Barat I). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 24(03), 327-336. https://doi.org/10.36835/jipi.v24i03.4136
Section
Articles