Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Penelitian di SDN Cikampek Barat I)
Abstrak
Perencanaan pendidikan di SDN Cikampek Barat I merupakan langkah strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengelolaan sumber daya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah yang terlibat dalam perencanaan pendidikan, yang meliputi mengartikulasikan tujuan sekolah, menentukan tujuan, dan membuat rencana pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode kualitatif meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi membentuk metodologi. Menurut temuan, perencanaan pendidikan di SDN Cikampek Barat I merupakan upaya kolaboratif yang melibatkan instruktur, orang tua, dan sejumlah siswa, yang mengarah pada peningkatan pencapaian target. Namun, masih terdapat kendala dalam pendanaan dan fasilitas yang perlu diatasi untuk mendukung implementasi perencanaan pendidikan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini pentingnya kolaborasi semua pihak dalam perencanaan pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal.
Referensi
Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan fungsi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12.
Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1).
A. L. Hartani, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta.PRESS indo 2009),h. 56
OK, A. H. (2020). Urgensi Perencanaan dalam Pendidikan. Al-HIKMAH, 23(1), 68-82.
Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164.
Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2021). Tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap implementasi standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38-53.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Mayasari, N., Arifin, M. M., Purnomo, D., Suyitno, M., Hikmah, N., Lestari, M. Z., ... & Sari, F. (2022). Perencanaan Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3).
Misbah, M. (2009). Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 68-91.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##