Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang

  • M Hariri Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan
Keywords: Motivasi Belajar ; Disiplin Belajar ; Metode PembelajaranHasil Belajar.

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan indikator penting yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. keberhasilan siswa untuk mencapai target pembelajaran mencerminkan keberhasilan individual dan mencerminkan keefektifan strategi pengajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang. Faktor motivasi, disiplin belajar dan metode pembelajaran adalah suatu yang sangat berpengaruh penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan analisis regresi. Sampel penelitian melibatkan 57 siswa yang tersebar di berbagai tingkatan kelas di SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Metode Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari temuan tersebut memberikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang

References

Akhter, S., M. Ajmal., & M. S. Keezhatta. (2020). A Case Study on the Effectiveness of Learner Autonomy in English Literature Classroom. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 3063-3076.

Andini, D. M. & E. Supardi. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 1-7.

Azizah, S. N. & M. A. Sri. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Sman 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 31-38.

Chen, J. (2022). Effectiveness of Blended Learning to Develop Learner Autonomy in a Chinese University Translation Course. Education and Information Technologies, 27(9), 12337-12361.

Darmanto, D., A. R. Putra., & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Fazariyah, A. & P. S. Dewi. (2022). Studi Pendahuluan: Kontribusi Fasilitas Belajar dan Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 36-41.

Felner, R. D., A. M. Seitsinger., S. Brand., A. M. Y. Burns., & N. Bolton. (2007). Creating Small Learning Communities: Lessons from the Project on High-Performing Learning Communities About “What Works” in Creating Productive, Developmentally Enhancing, Learning Contexts. Educational Psychologist, 42(4), 209-221.

Firmansyah, B. & D. Darmawan. (2023). The Importance of Islamic Education Teacher Competence and Parental Attention in Enhancing Students' Character Formation at Nur Al-Jadid ExcellentIslamic High School. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1353-1363.

Garad, A., A. M. Al-Ansi., & I. N. Qamari. (2021). The Role of E-Learning Infrastructure and Cognitive Competence in Distance Learning Effectiveness During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 81-91.

Gunawan, A., R. Mardikaningsih., & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Revka Prima Media, Surabaya.

Hazami & Herminingsih. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3 (30), 364-384.

HD, A. A. & D. Darmawan. (2023). The Influence of Classroom Management and the Use of Learning Media on Increasing Student Learning Motivation. Hikmah, 20(2), 372-382.

Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan., & Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.

Joy, E. H. & F. E. Garcia. (2000). Measuring Learning Effectiveness: A New Look at No-Significant-Difference Findings. Journal of Asynchronous Learning Networks, 4(1), 33-39.

Juliasari, N. & B. Kusmanto. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Sekecamatan Danurejan Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 405-412.

Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(2), 107-120.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lembong, D., S. Hutomo., & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Lestari, D., R. A. A. Pratama., & S. D. Anggraeni. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 101-113.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.

Masnawati, E., R. Mardikaningsih, N. S. Wisnujati, M. Hariani, & Y Kurniawan. (2022). Student's Perception of the Effectiveness of Online Learning Implementation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(2), 22 – 25.

Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Teacher Example and its Impact on Students' Social Behavior, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.

Muali, C., B. Bustanur., & Q. Aini. (2022). The Influence of Educational Facilities Management and Learning Effectiveness on Students' Learning Motivation at SMP Nurul Jadid Paiton–Probolinggo. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 152-161.

Ranti, M. G., I. Budiarti., & B. N. Trisna. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Rofiin, R. & M. Fauzan. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keterlibatan Siswa Terhadap Efektivitas Belajar Dimoderasi Kesiapan Belajar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1), 15-20.

Saragih, D. K. (2014). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(1), 29-41.

Saraswati, R. Mardikaningsih., & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.

Sianturi, N. A. T., D. Darmawan., M. S. Anwar., & A. R. Putra. (2022). Material Management Effectiveness. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 7-10.

Sinambela, E. A., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Sugianto, I., S. Suryandari., & L. D. Age. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Studi, 1(3), 159-170.

Surani, D., & Mifthahudin. (2018). Kompetensi guru dan motivasi mengajar guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran di smk negeri 3 kota serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4 (02), 149-158.

Sutisna, D., & A. Widodo. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen, 9 (2), 58-64.

Wahyudi, I., D. Darmawan., & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.

Yugiswara, A., S. Sukidin., & T. Kartini. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN

Published
2024-06-03
How to Cite
Hariri, M, Eli Masnawati, and Didit Darmawan. 2024. “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 24-33. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4218.
Section
Articles