(Studi Multisitus di SMPN 28 Gresik & SMP UDKP Kedamean Gresik) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MODERASI BERAGAMA
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi Pendidikan Agama Islam yang menekankan moderasi beragama sebagai pendekatan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan toleransi pada siswa. Penelitian multisitus ini dilakukan di SMPN 28 Gresik dan SMP UDKP Kedamean Gresik, di mana kedua sekolah berperan aktif dalam membentuk karakter keislaman dan nilai-nilai moral siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi dan nasionalisme dapat diintegrasikan melalui kegiatan-kegiatan seperti upacara bendera, membaca doa, serta perayaan hari besar nasional dan keagamaan. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan ini mencakup lingkungan, sarana prasarana, serta peran orang tua dan pengaruh media sosial.
Referensi
Al Faruq, U., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 59–77.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon Inc.
Ghoni, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Hasan, N. (2018). Islam Moderat di Indonesia: Kontestasi di Ranah Politik dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 123–140.
Hasyim, F. (2020). Moderasi Beragama: Perspektif Keislaman dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Litera.
Hidayat, M. A. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 44–61.
Kementerian Agama RI. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage.
Maharani, M. S., & Rahmaniar, Y. (2023). Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 51–66.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: Sage.
Shihab, Q. (2019). Membumikan Islam: Toleransi dan Pluralisme dalam Al-Qur'an. Bandung: Mizan.
Suryana, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Konteks Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 87–103.
Tarigan, J. R., & Suparmoko, M. (1995). Metode Pengumpulan Data. Yogyakarta: BPFE.
Zubaidi, A. (2020). Konsep Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 15–25.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##