Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang

  • Ach. Rafiuddin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Sosial, Hasil Belajar, Guru, Teman Sekelas, pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran interaksi sosial siswa dengan guru dan teman sekelas terhadap hasil belajar siswa di MA Miftahut Thullab Sampang. Pendidikan merupakan pilar strategis pembangunan nasional, dimana kualitas sumber daya manusia menjadi kunci keunggulan suatu bangsa. Kualitas manusia terbentuk dari proses pembelajaran yang dinilai melalui hasil belajar. Fokus penelitian ini adalah interaksi sosial siswa dengan guru, teman sekelas sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 53 siswa kelas dua belas dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa dengan guru dan teman sekelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Implikasi praktis dari penelitian ini menekankan pentingnya memperhatikan dan meningkatkan interaksi sosial di lingkungan pendidikan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.

References

Akmal, D. K., D. Darmawan., & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. Inti Presindo Pustaka, Bandung.

Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. Inti Presindo Pustaka, Bandung.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10,1, 69-74.

Arikunto S. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Arpizal & Rahayu S. T. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Jambi, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, DOI: Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V4i1 Received: 12 Oktober 2022, Revised: 3 November 2022, Publish: 5 Desember 2022.

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2, 3, 160-174.

Asih, S. S., K. Setyaningsih., &A. Murtopo. (2022). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan

Perilaku Sosial Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di RA An-Naba Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal

Ilmiah Multidisiplin, 1, 4, 712-727.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 7, 3, 1075-1090.

Darmayanti. (2023). Strategi Guru Wali Kelas Dalam Mengatasi Konflik Antar Siswa Di SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3, 1, 90-100.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Fadhilah, N. &A. M. A. Mukhlis. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22, 1, 15-31.

Faiz, A., A. Pratama.&I. Kurniawaty. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Febriansyah A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sman 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Febriansyah A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sman 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Ghozali I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamu, F. J. (2023). Prosocial Engagement Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 1, 43-50.

Hartono, H. (2014). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Akhlak Siswa Di SDN Duyungan I Kecamatan Sukosewu Bojonegoro. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Giri Bojonegoro.

Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan. &Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.

Indrayasa, K. B., &P. E. Suryanti. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 2, 180-190.

Jamil H. &Azra F. I. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan, Journal Of Economic And Economic Education, 2, 2 85 – 98.

Jihad. N.H. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SDN 263 Bonto Baru Kabupaten Jeneponto. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lembong, D., S. Hutomo.,& D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. Inti Presindo Pustaka, Bandung.

Masfufah, M. & D. Darmawan. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.

Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Impact of Leadership, Discipline, and Organizational Commitment on the Effectiveness of Teacher Work, Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 20-24.

Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Teacher Example and its Impact on Students' Social Behavior, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Mudjiono, D. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Muninjaya, G. (2003). Langkah-Langkah Penyusunan Proposal Dan Publikasi Ilmiah. Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Novrianda, D., T. Agustin & D. Darmawan. (2012). Kontribusi Norma Subjektif dan Lingkungan Kerja untuk Mengembangkan Profesionalisme. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 47-58.

Nurwati, R. N. &Z. P. Listari. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share, Social Work Journal, 11(1), 74-80.

Nuryuliani A. (2017)., Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Mts Al-Mursyidiyyah Pamulang, Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9, 2, 18-29.

Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1, 1, 83-90.

Rahayu, F. R. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Guru Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Di Mts YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1, 1, 116-123.

Rochmatin, L. (2017). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Percaya Diri Terhadap Penyesuaian Diri Santri Putri Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Bandar Lor Kota Kediri. Disertasi Doktor, IAIN Kediri.

Roza R, Fauzan MN & Rahayu WI. (2020). Buku Tutorial Sistem Informasi Prediksi Jumlah Pelanggan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter, Kreatif Industri Nusantara: Bandung.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1, 1, 825.

Santoso, H. (2009). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtuil Pada Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Saragi, M. P. D., M. Iswar., &M. Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Konselor, 5(1), 1-14.

Sari S. (2020). Pengaruh Komunikasi Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu, Asatiza Jurnal Pendidikan. 75. Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang

Sarnoto, A. Z., &S. Romli. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Shazlinda N. S. (2019). Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Iis Sma Negeri 15 Bone, Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Soekanto, S. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Subijanto, S. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Efektivitas Desentralisasi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Dan Relevansi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 5, 532-549.

Sugeng Dkk, (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP 5 Samarinda, Jurnal Primatika, 9, 2, 71.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara: Yogyakarta.

Sutardi, S., &S. Sugiharsono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198.

Sutarjo, M., D. Darmawan.,& Y. I. Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Syamsiyah, (2019). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas Xi Man 4 Sleman. Skripsi Universitas Islam Indonesia.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras: Yogyakarta.

Ummat, L.S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self- Esteem on Student Learning Outcomes, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Wahyudi, D., & I. M. Arsana. (2014). Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1, 2, 290-304.

Wahyuni S. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kemandirian Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Somba Opu Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. SkripsiUIN Alaudin Makassar.

Wang, M. T. & J. L. Degol. (2016). School Climate: A Review of the Construct, Measurement, and Impact on Student Outcomes. Educational Psychology Review, 28(2), 315-352.

Warjo, J., U. Soetisna, & A. Muis. (2019). Implikasi Gaya Berpikir Dan Interaksi Sosial Siswa Pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi Dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 6, 1, 14.

Webster, B. J. & D. L. Fisher. (2003). School-Level Environment and Student Outcomes in Mathematics. Learning Environments Research, 6, 309-326.

Winarso, W. (2014). Mengatasi Stres Akademik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penguatan Self Esteem Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1, 1, 1-12.

Published
2024-06-03
How to Cite
Rafiuddin, Ach., Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi, and Didit Darmawan. 2024. “Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang ”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 23 (2), 146-67. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.4233.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)